Game

Sega Genesis: Tutorial Main Gratis di Laptop

Sega Genesis. Credit Photo: YouTube.com/Classic Gaming Quarterly

Sayaajarkan – Di antara kita, pasti ada yang masa kecilnya dihiasi oleh game-game seru dari konsol Sega Genesis. Beberapa di antaranya masih seru banget lho buat dimainin sampai saat ini. Terutama buat kamu yang ingin bernostalgia.

Namun, konsol sega yang mulai langka dan udah gak diproduksi lagi membuat para gamers mencari alternatif lain untuk bisa memainkan game ini. Salah satunya dengan menggunakan emulator.

Tapi, bukan berarti kami menyarankan untuk ikutan ya, karena cara seperti ini hitungannya ilegal. Jadi pakai saja informasi yang kamu dapat sebagai wawasan supaya kamu gak bengong saat ditanya soal ini.

Sini saya ajarkan:

Tutorial main sega genesis di laptop.

Main game sega di gak perlu pakai internet. Credit Photo: Actorlifehack.com

Download Emulator

Untuk bisa memainkan game sega di laptop, kita memerlukan yang namanya Emulator alias software yang akan membantu kita menjalankan suatu program, termasuk game Sega Genesis.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mendownloadnya di website-website yang menyediakan emulator gratis. Search aja di Google, banyak banget kok. Tapi teliti dulu sebelum kamu memutuskan untuk mengunduh. Pastikan juga antivirus kamu berfungsi dengan baik biar laptop atau komputer kamu tetap aman.

Untuk ukuran emulatornya, biasanya gak gede, cuma 2 MB aja. Yang penting sesuaikan dengan perangkat yang kamu punya ya, karena emulator untuk windows dan macbook itu berbeda-beda.

Gak cuma buat Sega Genesis saja, beberapa game klasik lain juga bisa dimainkan dengan Emulator. Tapi, jenisnya tentu berbeda dengan yang biasa dipakai untuk memainkan Sega Genesis.

Download Game

Setelah punya emulator, sekarang waktunya berburu game dalam format ROM. Sedikit informasi, rata-rata gamenya berukuran 200-500 KB, gak sampai 1 MB. Kalau lebih ada kemungkinan jika game yang kamu unduh bukan game Sega Genesis.

Kalau udah beres belanja online gratisannya, satukan game dan emulator dalam satu folder biar nanti gampang nyarinya.

Tutorial main sega genesis di laptop.

Sonic the Hedgehog. Salah satu contoh game legendaris Sega Genesis yang jaya pada zamannya. Credit Photo: Emuparadise

Waktunya bermain

Nah, ini yang ditunggu-tunggu, yakni cara mengoperasikannya.

Pertama-tama, ekstrak dan ‘hidupkan’ aplikasi emulator di laptop atau komputer kita. Setelah emulatornya menyala, klik ‘Open ROM’ dan pilihlah game yang dimainkan. Kita juga bisa mengatur ukuran layarnya sesuai selera, gak perlu pakai internet.

Untuk masalah controller, kita bisa pake keyboard dari laptop, atau beli stik game khusus komputer semisal mau ribet dikit.

Anyways, kalau kamu memang penggemar Sega sejati, sebenarnya bakal lebih keren kalau kamu hunting konsol dan kaset-kaset lamanya yang hingga saat ini masih sering dijual sesama kolektor.

Atau kalau nggak, gak ada salahnya juga bersabar sedikit lagi menunggu konsol Sega terbaru versi nostalgia yang nantinya bakal berisikan game-game klasik mereka. Menurut Express.co.uk sih, proyek keren ini rencananya bakal rilis di 2018 ini.

Karena seasyik-asyiknya main Sega di laptop, bakal tetep kalah sensasinya sama saat kamu bermain di konsol aslinya. Percaya deh.

Oh ya, jangan lupa juga untuk sering ngecek Sayaajarkan karena habis ini kita akan segera membahas soal 10 game Sega Genesis terbaik yang bisa bikin kamu ketagihan.

Click to comment
To Top