Game

Windows 10: Tutorial Rekam Video a la Gamers

Cara rekam video gaming di Windows 10

Sayaajarkan – Mau bikin tutorial apps atau software tapi merasa screenshot saja tidak cukup? Ingin merekam aktivitas layar komputer windows atau memamerkan aktivitas gaming kita ke YouTube kayak gamers beken dan para pelaku esports yang belakangan kondang itu?

Kalau masih bingung, sebenarnya gampang banget. Apalagi kalau laptop atau komputer kita terinstall sistem operasi terkini yang telah banyak jadi sistem operasi original bawaan laptop baru di pasaran. Sini saya ajarkan caranya capture video di Windows 10.

Tak perlu lagi repot download atau install ini-itu, karena sudah ada tool built-in di Windows 10. Microsoft memang memasang app Xbox miliknya supaya para gamer bisa men-streaming games Xbox One ke PC, belanja di Xbox Store, dan merekam aktivitas gaming.

Fungsi Game DVR di dalamnya disediakan supaya kita bisa merekam aktivitas game. Tapi sebenarnya, juga bisa kita pakai untuk merekam aktivitas apapun pada layar komputer loh.

Windows 10 . Credit photo: The Verge

Cara membuat capture video di Windows 10

Langkah 1: Siapkan Apa yang Hendak Kita Rekam

Sebagai contoh, mari kita rekam saja aktivitas browsing yang sedang kita lakukan di website Saya Ajarkan.com ini.

Langkah 2: Tekan Win (logo Windows pada keyboard) + G

Kita akan melihat pesan “Do you want to open Game Bar?” Centang “Yes, this is a game.”

Game Bar akan muncul. Di situ tersedia tombol-tombol familiar yang nantinya bisa kita pakai untuk merekam video, suara, dan lain sebagainya.

Langkah 3: Mulai Merekam

Klik tombol record (bulat) untuk mulai aktivitas merekam.

Saat layar sedang direkam, Game Bar akan menghilang dan digantikan dengan kotak persegi yang muncul di bagian atas layar. Tekan tombol kotak untuk berhenti merekam.

Kalau bingung, tekan lagi Win + G supaya Game Bar-nya kembali muncul.

Hasil rekamannya nanti akan tersimpan dalam bentuk file mp4 di folder video komputer kita.

Gampang banget bukan?

Oh ya, kita mungkin akan membutuhkan akun Microsoft dan/atau Xbox Live untuk bisa menggunakannya. Jangan khawatir, daftar saja di website Microsoft, gratis kok!

Click to comment
To Top