Movie

A Quite Place Review: Thriller Sunyi nan Efektif

A Quite Place. Credit Photo: Paramount Pictures

Sayaajarkan – A Quite Place mungkin bukan film thriller sci-fi pertama yang kamu tonton. Tapi, kamu bisa mengkategorikannya sebagai salah satu yang terbaik.

A Quite Place disutradarai oleh John Krasinki. Film ini dibintangi oleh John Krasinki sendiri; sang istri Emily Blunt; serta tiga pemain cilik yaitu Noah Jupe, Millicent Simmonds, dan Cade Woodward.

Meski mengangkat tema sci-fi, A Quiet Place memilih untuk tidak menonjolkan konflik dalam skala besar. Sebagai gantinya film ini lebih tertarik untuk fokus kepada lima karakter yang tergabung dalam sebuah keluarga.

Penulis skenarionya, Bryan Woods, Scott Beck, dan John Krasinki mencoba untuk membuat penonton perduli kepada nasib kelima karakter tersebut. Sementara konfliknya hanya dijelaskan lewat background-background ringan yang muncul sepatah-patah.

Alhasil, sepanjang menonton film ini, kita tidak benar-benar tahu apa yang sedang terjadi di luar, dan hanya fokus kepada bagaimana keluarga ini bisa bertahan dari ancaman yang ada.

A Quite Place.

Salah satu keberhasilam film ini adalah chemistry para karakternya. Credit Photo: Paramount Pictures

A Quite Place bercerita tentang kemunculan segerombolan alien yang akan membunuh makhluk hidup apapun yang mengeluarkan suara. Walaupun makhluk tersebut tidak bisa melihat, namun ia sangat kuat dan berhasil menghabisi sebagian besar populasi manusia.

Para manusia yang selamat akhirnya memutuskan untuk hidup dalam kesunyian. Dan film ini mampu menggambarkan dengan baik bagaimana keluarga ini beradaptasi dengan cara hidup yang baru. Mulai dari berjalan tanpa alas kaki, berbicara dengan menggunakan bahasa isyarat, hingga kembali bermain boardgame sebagai penghilang jenuh.

Sedikit tambahan informasi, salah satu karakter anak tertua, yang diceritakan tuna rungu benar-benar diperankan oleh aktris tuna rungu bernama Millicent Simmonds. Jadi bisa dibayangkan betapa fokusnya film ini dalam memainkan atmosfir sepi.

Tak hanya itu, A Quite Place punya konflik pamungkas dengan karakter ibunda anak-anak (Emily Blunt) akan segera melahirkan anak keempatnya.

Skenario seefektif inilah yang akhirnya jadi kemenangan besar John Krasinki sebagai sutradara. Atmosfir yang dibangun sejak awal dengan setting yang kecil membuatnya tak perlu bersusah payah lagi untuk menyisipkan jumpscare yang jitu.

Di poin ini kita sebagai penonton pun tak bisa mengelak lagi. Kita hanya bisa pasrah dihantui ketegangan hingga film selesai. Seru bukan?

A Quite Place.

Salah satu adegan paling mendebarkan di film A Quite Place. Credit Photo: Paramount Pictures

A Quiet Place sepertinya masih sedikit lama untuk hadir di Netflix dan aplikasi streaming lainnya. Jadi daripada penasaran atau kehilangan momen seru gara-gara nonton DVD bajakan, lebih baik sempatkan waktu di weekend ini. Nonton sendirian di bioskop pun tetep seru kok.

“This is a movie about the sound of fear, but it gives us a great deal more to listen to.” Josephine Livingstone, The New Republic.

“A Quiet Place is an undoubtedly taxing affair for the nerves; fortunately, it’s also a deeply affecting one.” David Sims, The Atlantic.

“Though accompanied with a rich score by Marco Beltrami, A Quiet Place communicates the power and simplicity of the silent cinema.” Richard von Busack, MetroActive.

Click to comment
To Top