Movie

Hari Kartini: Mengulas 3 Film tentang RA Kartini

Film Kartini (2017)

Sayaajarkan –Pada hari ini, tepatnya 21 April 2018, kita merayakan Hari Kartini, sebuah momen untuk mengenang jasa seorang pejuang emansipasi wanita Indonesia.

Adalah Presiden RI Pertama, Soekarno yang memilih hari kelahiran Kartini sebagai hari besar melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964. Beliau menetapkannya sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Dalam hidupnya, wanita asal Jepara ini selalu menjunjung tinggi kesetaraan antara pria dan wanita. Namanya pun dikenal sebagai sosok yang gigih memperjuangkan emansipasi wanita di era penjajahan.

Untuk mengenang perjuangannya, beberapa film layar lebar pun sempat tercipta dari tangan sineas Indonesia. Tercatat, hingga saat ini, ada setidaknya tiga film nasional yang menceritakan mengenai hidupnya yang penuh dengan perjuangan.

Mau tahu apa saja? Yuk kita ulas bersama:

Kartini

Potret sang pelopor kebangkitan wanita Indonesia. Credit Photo: Wikipedia

R.A.Kartini (1982)

Dirilis di tahun 1982, film ini disutradarai oleh Sjumandjaja engan aktris Yenny Rachman sebagai bintang utamanya.

Turut dibintangi oleh Bambang Hermanto, Nani Widjaja, dan Adi Kurdi, filmnya bercerita tentang pilihan hidup dan kerja keras beliau dalam memperjuangkan hak kaum wanita Indonesia di zaman penjajahan. Baik di bidang pendidikan dan lain-lain.

Tidak kurang dari 8 nominasi berhasil diborong oleh film ini di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 1983. 3 piala pun berhasil di bawa pulang untuk kategori Tata Kamera Terbaik, Tata Musik Terbaik, serta Pemeran Pembantu Wanita Terbaik yang menempatkan nama Nani Widjaja.

Penampilan Yenny Rachman sebagai R.A.Kartini. Credit Photo: YouTube

Penampilan Yenny Rachman sebagai R.A.Kartini. Credit Photo: YouTube

Surat Cinta untuk Kartini (2016)

Berbeda dengan film sebelumnya, film ‘Surat Cinta untuk Kartini’ lebih memilih untuk menceritakan sisi fiksi.

Filmnya bercerita tentang seorang tukang pos bernama Sarwadi yang jatuh hati pada Kartini. Selain dibuat terpesona oleh parasnya yang ayu, Duda dengan satu anak ini juga kagum dengan perjuangan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat itu di dunia pendidikan.

Film ini dibintangi oleh Chicco Jerikho sebagai Sarwadi dan Rania Putrisari sebagai Kartini. Sementara bangku sutradaranya diisi oleh Azhar Kinoi Lubis.

Kartini (2017)

Pada tahun 2017, film tentang salah satu pahlawan kebanggaan wanita Indonesia kembali dibuat. Kali ini filmnya disutradarai oleh Hanung Bramantyo, sementara peran sang pelopor kebangkitan Wanita Indonesia jatuh pada aktris Dian Sastrowardoyo.

Nah, apakah kamu sudah menonton film di atas? Beritahu kami ya yang mana yang jadi favoritmu.

Click to comment
To Top