Movie

How to Train Your Dragon 3 Review: Penutup yang Manis

How to Train Your Dragon: The Hidden World

Sayaajarkan – Tak terasa sudah hampir 9 tahun kita berkenalan dengan si naga hitam Toothless di layar lebar. Sejak film pertama ‘How to Train Your Dragon’ tayang pada 2010 silam, sulit rasanya untuk tak jatuh hati pada tingkahnya yang lucu.

Adaptasi buku anak-anak karangan Cressida Cowell ini kian menarik dengan penggambaran bangsa Viking dan kedekatan mereka dengan para naga.

Tak heran, banyak penggemar film animasi yang tak sabar untuk segera menonton film ketiganya. Mereka penasaran dengan kelanjutan persahabatan antara Toothless dengan Hiccup selaku pemimpin bangsa Viking.

Persahabatan Hiccup dan Toothless adalah bagian terbaik dari film ini. Credit photo: Dreamwork Pictures.

Sinopsis How to Train Your Dragon: The Hidden World

Melanjutkan dua film sebelumnya, The Hidden World menceritakan sepak terjang Hiccup, Toothless, dan kawan-kawannya yang semakin rajin menyelamatkan para naga dari para pemburu.

Aksi mereka tersebut membuat wilayah kekuasaan bangsa Viking semakin padat dan tak kuat lagi untuk menampung para naga yang jumlahnya terus bertambah. Kekhawatiran itu semakin terasa lantaran daerahnya kini jadi sasaran empuk para pemburu naga.

Akhirnya, berbekal riset peninggalan ayahnya, Hiccup memutuskan untuk mencari tempat tinggal baru yang lebih luas untuk rakyat dan para naga.

Di tengah ketidakpastian bahwa lokasi tersebut benar-benar ada, mereka harus berjuang di bawah ancaman dari pemburu naga, Grimmel the Grisly yang dikenal punya reputasi kejam.

Grimmel the Grisly, sosok villain di film ini. Credit photo: Dreamwork Pictures.

Visualisasi yang Memukau

Meskipun masih ditulis dan disutradarai oleh orang yang sama yaitu Dean Deblois, ‘How to Train Your Dragon: The Hidden World’ mungkin bisa dibilang yang paling lemah dibandingkan dua film pendahulunya.

Naskahnya agak kedodoran dan villain-nya terasa sedikit mubazir lantaran Deblois kurang berani menyuntikkan atmosfir ketegangan ke dalam cerita.

Untungnya, di luar dua masalah tadi, visualisasi yang indah serta karya warna sukses memanjakan mata kita. Pertemuan Toothless dan kekasihnya pun menjadi hiburan tersendiri yang akan terus terngiang ketika kita keluar dari studio.

Pada akhirnya, ‘How to Train Your Dragon: The Hidden World’ tidak se-spesial yang kita kira. Namun film ini tetap berhasil menjadi penutup yang manis dan mengharukan dari kisah Hiccup dan Toothless.

Setidaknya sampai Dreamwork Pictures memiliki niat untuk membuat film keempatnya.

‘The Hidden World’ dibintangi Jay Baruchel, America Ferrera, Cate Blanchett, Jonah Hill, Kit Harington, Gerard Butler, dan masih banyak lagi. Filmnya sudah rilis sejak 3 Januari 2019 lalu dan saat ini sedang tayang di bioskop kesayangan kamu.

“The Hidden World is a little too chaotic in places but there’s more than enough heart and sentimentality, particularly during the finale, to win over audiences.” Matthew Toomey, ABC Radio Brisbane

“The Hidden World” strikes a bittersweet chord in reminding its young audience that all good things – including the age of dragons – must come to an end.” Michael Nordine, Indiewire

Click to comment
To Top