Movie

Biar Nggak Norak, Patuhi 10 Etika Ini Saat Nonton di Bioskop

Etika menonton film di bioskop.

Sayaajarkan – Menonton film di bioskop tampaknya sudah jadi gaya hidup yang harus dipenuhi. Dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua.

Kesadaran masyarakat untuk tak membeli DVD bajakan dan memilih untuk pergi ke bioskop membuat pertumbuhan gedung bioskop semakin subur. Itu mungkin kenapa, sekarang perkembangannya semakin merata, bahkan ke kota-kota kecil.

Sayangnya, masih banyak penonton yang kurang menyadari etika menonton di dalam bioskop. Sehingga banyak dari kita yang gondok bukan main gara-gara kelakuan penonton lain.

Well, mau nonton sendirian atau ramai-ramai, berikut etika menonton yang perlu kita ikuti:

Etika Menonton di Bioskop

Jangan Terlambat

Pastikan untuk datang paling tidak 5 menit sebelum dimulai jika datang sendirian, dengan pacar atau beberapa orang teman saja. Tapi, jika dengan rombongan besar bisa datang 10 menit sebelumnya. Karena akan butuh waktu lebih lama untuk cari atau atur tempat duduknya.

Tentunya menyebalkan bukan jika film sudah dimulai, terus ada saja yang baru datang dan cari-cari tempat duduk. Iya kalau langsung dapat, kalau lama kan bisa mengganggu pemandangan. Jadi jangan datang terlambat ya sobat.

Tuntaskan Segala Hajat Di Toilet Sebelum Masuk

Ini penting sekali, karena akan sangat mengganggu pemandangan dan konsentrasi orang lain jika kita bolak-balik berangkat dari kursi. Apalagi jika kita duduknya di tengah. Otomatis kita harus bilang permisi, mungkin juga menginjak kaki orang lain, dan sebagainya.

Bayangkan jika kita dibegitukan sama orang lain, mau? Makanya, masuklah toilet terlebih dahulu. Atau jika memang kita sering buang air ketika di ruangan dingin, pilihlah tempat duduk pinggir yang dekat dengan pintu keluar yang bisa meminimalisir gangguan ke orang lain.

Jangan Bawa Makanan Berbau Wangi

Ini benar sobat. Di dalam ruangan ber-AC, bau akan cepat menyebar. Meskipun memang enak, tapi orang lain jelas tidak akan nyaman dan akan terganggu dengan aromanya.

Apalagi sudah ada peraturan, dilarang membawa makanan dari luar. Kalau mau makan aneh-aneh dan berbau lezat, bioskop bukan yang tepat.

Salah satu kelakuan yang menyebalkan di bioskop. Credit photo: Salute Magazine.

Smartphone, Anak Kecil, dan Mengobrol

Matikan Smartphone

Meski sudah di-silence, cahaya dari smartphone dan sejenisnya silau dan bisa mengganggu orang-orang disekitar.

Kita bisa bayangkan sendiri, ketika sedang asyik menatap layar di depan tiba-tiba muncul cahaya dari depan-belakang-samping. Ya jadi susah konsentrasi.

Lagipula, bayangkan juga sudah berapa banyak uang yang kita keluarkan untuk menonton film di bioskop. Kalau dipikir-pikir, kan sayang kalau sebagian besar waktunya kita habiskan untuk chattingan.

Hindari Bawa Bayi atau Anak Kecil

Jangan memaksakan membawa bayi atau anak kecil, jika film yang akan ditonton merupakan film berating remaja apalagi dewasa. Pertama, kasihan jika mereka terpapar adegan-adegan yang belum waktunya ditonton.

Kedua, suasana gelap dan suara yang keras di dalam bioskop membuat bayi tidak nyaman sehingga sering menangis. Dan untuk anak-anak kadang tidak mengerti adegan di depan, jadi sering bertanya dengan suara keras, Ini bisa mengganggu penonton lainnya.

Jangan Komentar Sepanjang Film

Kita diperbolehkan tertawa, teriak atau menangis jika di layar memang ada adegan-adegan tersebut. Tetapi jika sepanjang film kita berkomentar, ini adalah BIG NO!

Penonton tidak membayar untuk mendengar komentar kita, apalagi sampai membahas hal-hal yang berbau spoiler. So, simpan komentarnya jika film sudah selesai ya.

Salah satu kelakuan yang menyebalkan di bioskop. Credit photo: Neels Reel Deel.

Hindari Merekam Film dan Bertingkah Berlebihan

Jangan Mengambil Gambar Apalagi Merekam Film

Ini adalah perbuatan yang melanggar hukum dan hukumnya sangat berat sobat, karena berhubungan dengan hak cipta. Selain itu, perbuatan kita juga akan mengganggu kenyamanan penonton lain.

Kontrol Kaki

Perhatikan kaki ya. Jangan pernah meletakkan kaki di kursi di depan kita, sekalipun kursi tersebut kosong. Selain tidak sopan, juga sangat menjijikkan dan tidak higienis.

Juga jangan goyang-goyang kaki, karena getaran atau goyangannya akan terasa di kursi penonton lain.

Jangan Bertepuk Tangan Di Akhir Film

Meskipun filmnya bagus atau kita terkesan banget dengan filmnya, jangan pernah bertepuk tangan. Sutradara atau pemain atau produser juga tidak akan tahu kalau kamu bertepuk tangan.

Jangan Nonton Jika Sedang Batuk atau Pilek Berat

Suara batuk dan bersin berkali-kali dapat mengganggu seisi bioskop. Lagipula, dalam ruangan ber-AC virus akan lebih cepat menyebar.

Nah, sudah paham kan sekarang? Yuk kita ciptakan suasana menonton yang nyaman di bioskop. Jangan lupa beritahu kami jika ada tips lain atau info-info seru seputar film.

Click to comment
To Top