Movie

Menuju Endgame: Tips Nonton Film-film MCU Sesuai Urutan Timeline

Avengers: Endgame dan film-film mcu lainnya

Sayaajarkan – Tidak sampai seminggu lagi, tepatnya pada 24 April 2019 nanti, kita akan berkesempatan menonton film ke 22 Marvel Cinematic Universe (MCU) yang bertajuk Avengers: Endgame. Jadwalnya terbilang cukup spesial karena lebih cepat dua hari ketimbang di Amerika Serikat.

Nah, buat yang ingin nonton Endgame tapi belum pernah menyaksikan film-film MCU, sepertinya akan lebih seru jika ‘marathon’ film-filmnya terlebih dahulu.

Supaya enggak bingung, berikut urutan film sesuai timeline-nya:

Urutan Film-film MCU Sesuai Timeline

Captain America: The First Avengers (2011)

Captain America memang baru tayang pada 2011, dan merupakan film MCU ke-5 yang dibuat oleh Marvel.

Namun secara timeline, Captain America bisa dibilang adalah awal mula dari franchise ini. Ceritanya berfokus pada Steve Rogers (Chris Evans) di era Perang Dunia II, mulai sejak dia masih menjadi tentara biasa, hingga jadi manusia berkekuatan super.

Di film ini, kita akan berkenalan dengan Bucky (Sebastian Stan), serta Howard Stark (Dominic Cooper) yang merupakan ayah dari Tony Stark.

Nggak cuma itu, di akhir cerita, Steve Rogers juga akan bertemu dengan Nick Fury (Samuel L. Jackson) yang memberitahu kalau ia telah tertidur selama 70 tahun lamanya.

Captain Marvel (2019)

Habis Captain America, timeline MCU berlanjut dengan film Captain Marvel yang rilis 8 maret 2019 kemarin.

Secara garis besar, kemunculan Captain Marvel di era 90-an memang hanya bersifat perkenalan dan tidak terlalu memiliki pengaruh yang terlalu banyak ke dalam garis besar cerita MCU. Namun demikian, di sini kita bisa melihat sepak terjang Nick Fury sebelum ia kehilangan salah satu matanya.

Seperti di film Captain America, batu tesseract yang nantinya akan diperebutkan di film Guardians of the Galaxy juga diceritakan di sini.

Iron Man (2008) dan Iron Man 2 (2010)

Ini adalah waktunya kita berkenalan dengan ilmuwan kaya, Tony Stark alias sosok di balik Iron Man lewat dua film pertamanya.

Di akhir film (post credit) Iron Man pertama, Tony Stark akan bertemu dengan Nick Fury yang bilang kalau ia bukanlah satu-satunya superhero di bumi.

Sementara di post credit film Iron Man 2, agen S.H.I.E.L.D Phil Coulson (Clark Gregg) melaporkan kalau ia telah menemukan sebuah benda asing berupa palu besar yang jatuh ke bumi.

Kemunculan Thor

Thor (2011)

Mau tahu bagaimana palu milik Dewa Petir bisa sampai jatuh ke bumi? Film garapan sutradara Kenneth Branagh ini akan memberikan kita jawabannya.

Film pertama Thor memperlihatkan konflik antara Thor (Chris Hemsworth), dengan adik angkatnya, Loki (Tom Hiddleston). Filmnya kian seru dengan kisah asmara Thor bersama wanita bumi bernama Jane Foster (Natalie Portman).

The Incredible Hulk (2008)

Jangan kaget kalau melihat sosok Hulk di film ini agak berbeda dari yang kita sering lihat di iklan film-film Marvel. Itu karena Bruce Banner-nya masih diperankan oleh Edward Norton.

The Incredible Hulk sendiri berfokus pada penderitaan Bruce Wayne yang akan berubah menjadi makhluk hijau besar ketika ia marah.

Kalau kita menunggu sampe akhir credit film, kita akan melihat Tony Stark yang mengakui kalau dirinya sedang menyiapkan tim manusia berkekuatan super.

Marvel’s Avengers (2012)

Setelah melihat para superhero di atas beraksi sendiri-sendiri, sekarang waktunya untuk melihat mereka bersatu melawan ancaman besar dari luar bumi. Sedikit bocoran, Avengers juga merupakan film MCU pertama yang memperlihatkan kemunculan Thanos.

MCU Pasca Peristiwa Avengers

Iron Man 3 (2013)

Iron Man 3 melanjutkan cerita tentang Tony Stark yang mengalami sedikit trauma selepas ikut serta di peristiwa Avengers. Tak ada post credit atau kelanjutan mengenai jagat MCU yang terlalu berarti di film ini.

Thor The Dark World (2013)

Kalau di film pertama kita melihat sepak terjang Thor di Bumi, di film ini kita akan diajak buat bertualang ke Asgard, tempat dimana Thor berasal. Film ini juga menandai penampilan terakhir Natalie Portman sebagai kekasih Thor, Jane Foster.

Captain America: The Winter Soldier (2014)

Bisa dibilang, film Captain America: The Winter Soldier adalah salah satu film terbaik MCU. Laganya yang menawan, serta ceritanya yang menarik bakal membuat kita semakin hormat sama kapten yang satu ini.

Filmnya sendiri berfokus pada kemunculan sosok The Winter Soldier yang nantinya menjadi salah satu pemicu peperangan antar superhero di film Civil War.

Guardians of the Galaxy (2014)

Kalau Captain Marvel melindungi galaksi sebagai seorang pahlawan, Guardians of the Galaxy kebanyakan melakukannya demi uang.

Guardians of the Galaxy sendiri beranggotakan Peter Quill alias Star-Lord (Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldana), Drax the Destroyer (Dave Bautista), Groot (Vin Diesel), dan Rocket (Bradley Cooper).

Selain kembali menemukan batu tesseract, di film pertamanya ini kita akan bertemu dengan beberapa tokoh yang sempat kita saksikan di Captain Marvel, mulai dari Ronan the Accuser (Lee Pace), Korath (Djimon Hounsou), hingga Thanos (Josh Brolin).

Guardians of the Galaxy vol. 2 (2017)

Di film keduanya, sang sutradara, James Gunn terlihat semakin lihai dalam mengisahkan petualangan Peter Quill dan kawan-kawan.

Tampil sebagai sekuel yang tak terlalu menyinggung jagat MCU, Guardians of the Galaxy vol. 2 sukses memberikan sisi-sisi lain dari para karakternya, yang tentunya bikin kita jatuh hati.

Kelahiran Ultron dan Amarah Thanos

Avengers: Age of Ultron (2015)

Waktunya kembali melihat tim Avengers beraksi. Kali ini mereka akan melawan Ultron, yang tak lain berasal dari Artificial Intelligence (AI) ciptaan Tony Stark.

Di akhir film ini, kita akan kembali melihat Thanos yang kecewa kepada kegagalan anak buahnya dan memutuskan turun tangan sendiri mencari infinity stones. Keputusan ini bisa dibilang merupakan awal dari peristiwa Infinity War.

Ant-Man (2015)

Sebelum masuk ke era Civil War, kita akan diajak berkenalan dulu dengan Ant-Man yang memiliki kemampuan membesar dan menyusutkan badan hingga ke ukuran yang tidak masuk akal.

Seperti kita ketahui, sejauh ini ada banyak teori fans mengenai Scott Lang alias Ant-Man (Paul Rudd) yang konon bakal menjadi penyelamat di film Endgame. Karena itu, agak wajib rasanya untuk mengenalnya lebih dekat.

Captain America: Civil War (2016)

Menonton Captain America: Civil War rasanya seperti menonton film Avengers. Hal itu dikarenakan hampir semua superhero, kecuali Hulk (Mark Ruffalo), ikut campur di sini. Film ini juga bisa dibilang awal dari perpecahan Avengers.

MCU Pasca Peristiwa Civil War

Black Panther (2018)

Selamat datang di Wakanda. Setelah sebelumnya dibikin kagum sama aksi Black Panther (Chadwick Boseman) di Captain America: Civil War, sekarang waktunya untuk mengenal lebih dalam raja sekaligus pahlawan dari negeri Wakanda ini.

Spider-Man: Homecoming (2017)

Spider-Man: Homecoming akan melanjutkan kisah Spider-Man usai membantu Tony Stark di peristiwa Civil War.

Film ini lebih condong ke dunia remaja, sesuai dengan umur Peter Parker (Tom Holland) yang masih muda. Namun demikian, hubungan (mirip) ayah-Anak antara Tony Stark dan Peter Parker terjalin dengan sangat baik di sini.

Ant-Man and the Wasp (2018)

Dibanding Black Panther dan Spider-Man, Scott Lang bernasib kurang baik selepas peristiwa Civil War. Ia jadi tahanan rumah sehingga hubungannya dengan putri semata wayangnya jadi terbatas.

Di film keduanya ini, Scott Lang akan mengalami sebuah kejadian yang memaksanya untuk balik ke Avengers. Apa itu? Ssst…. tonton sendiri.

Doctor Strange (2016)

Film ini mengisahkan bagaimana Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) mendapatkan kekuatan lintas dimensi dan waktu. Di akhir filmnya, kita akan melihat pertemuannya dengan Thor yang sedang kebingungan mencari adiknya.

Thor: Ragnarok (2017)

Dibanding dua film Thor terdahulu, Thor: Ragnarok bisa dibilang adalah film yang paling lucu dan paling tragis. Akhir film ini juga menuntun kita secara langsung ke peristiwa Infinity War.

Avengers: Infinity War (2018)

Ini dia film yang bikin banyak fans Marvel menangis di bioskop. Thanos selaku musuh utama di film ini rasanya terlalu kuat untuk para jagoan kita.

Ending dari Avengers: Infinity War pun membuat kita tak sabar untuk segera melihat Endgame yang akan menjadi penutup dari fase ketiga MCU.

Pertanyaannya, apakah para superhero yang tersisa mampu membalikan keadaan? Kita tunggu saja hasilnya pada 24 April 2019 mendatang.

Ada yang sudah beli tiket pre-salenya?

Click to comment
To Top