Movie

Spiderman Akan Tinggalkan Marvel Cinematic Universe

savespiderman spiderman

Sayaajarkan – Kaget, bingung, dan marah mungkin menjadi reaksi penggemar Marvel Cinematic Universe mendengar kabar terbaru untuk Spiderman.

Dalam perkembangan yang mengejutkan, Marvel Studios akan berpisah dengan franchise Spiderman dari Sony Pictures. Keputusan ini secara efektif akan menghapus Peter Parker yang diperankan oleh Tom Holland dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Ini berarti, akan memisahkan super hero paling iconic dari Marvel dengan franchise MCU.

Deadline adalah media yang pertama kali mempublikasikan informasi ini. Permasalahan ini, seperti yang sering terjadi, dilaporkan berkaitan dengan uang tentunya.

Sony Pictures telah memiliki hak film atas Spiderman selama beberapa dekade. Kesuksesan franchise film ini dapat dilihat saat sutradara Sam Raimi dan aktor Tobey Maguire mengambil projek ini di tahun 2000-an. Tiga film mereka mampu meraup hampir $ 2,5 miliar di seluruh dunia. Walaupun kemudian reboot yang dilakukan Sony dengan sutradara Marc Webb dan aktor Andrew Garfield (dirilis pada 2012 dan 2014) dipandang mengecewakan oleh kritikus dan fans pada umumnya. Secara komersialpun dinilai gagal mencapai ekspektasi perusahaan.

Perjanjian Antara Sony dan Disney Untuk Spiderman

Jadi pada tahun 2015, Sony menandatangani perjanjian yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Marvel Studios milik Disney untuk berbagi karakter Spiderman. Salah satu kesepakatannya, Disney harus menggunakan Spidey versi Tom Holland dalam film-film Marvel Studios – Captain America: Civil War, Avengers 2018: Infinity War, dan Avengers: Endgame. Kemudian Kepala Marvel Studios, Kevin Feige, akan ikut memproduksi film Spider-Man untuk Sony Pictures, sepenuhnya mengintegrasikan film dalam MCU. Lahirlah Spider-Man 2017: Homecoming dan Spider-Man musim panas ini: Far From Home.

Far From Home sendiri sekarang telah melampaui catatan sebagai highest-grossing film worldwide of all time dari Sony Pictures mengalahkan Skyfall dengan $1,1 miliar. Film ini juga menjadi satu-satunya Global Blockbuster yang tidak didanai dan didistribusi oleh Disney

Oleh karena itu, menurut laporan Deadline, Disney meminta kepada Sony untuk membagi film SpiderMan di masa depan dalam pengaturan pendanaan bersama 50/50 – yang juga berarti keuntungan 50/50.

Dengan pembagian seperti itu, Sony berkata tidak. Disneypun berkata bahwa penolakan itu tidak menjadi masalah namun meminta untuk mengeluarkan Kevin Feige dan Marvel Studios sebagai produser dari film-film Spider-Man Sony Pictures di masa yang akan datang serta mengeluarkan karakter itu dari MCU.

Kekecewaan dan Harapan Fans Untuk Spiderman Tetap di MCU

Fans tentunya kaget mendengar hal ini. Karakter Tom Holland dinilai sudah sangat pas memerankan Spidy dan tentunya kelanjutan dari perannya di proyek MCU tidak dapat dilihat lagi. Usaha Iron Man membawa Spiderman bergabung ke dalam Avengers menjadi sia-sia.

Berikut beberapa reaksi sedih dari fans dan harapan mereka untuk menyelamatkan Spider-Man bertahan di MCU dengan tagar #SaveSpiderMan:

Spiderman keluar MCU
Warna kecewa berat atas kepergian ini. Credit Photo: @maid0en1 – twitter
spiderman keluar MCU
Credit Photo: @TeamLouis91 – twitter
https://www.instagram.com/p/B1aLBNZDPOl/?utm_source=ig_embed
Pemeran Karakter Hawk Eye juga mengharapkan Spiderman kembali ke MCU. Credit Photo: @renner4real – Instagram

Dengan reaksi yang ditunjukan fans ini, tentu semua berharap bahwa Spidey versi Tom Holland akan tetap berada di MCU. Diskusi terkait ini masih terus berlangsung antara Sony dan Disney.

Namun untuk saat ini, kita hanya dapat menunggu.

Click to comment
To Top