Movie

Perempuan Tanah Jahanam, Proyek 1 Dekade Joko Anwar

Perempuan Tanah Jahanam

Sayaajarkan – “Ide cemerlang akan menghasilkan sebuah terobosan besar jika dieksekusi dengan matang.” Pemikiran seperti itu akan terngiang apabila melihat Perempuan Tanah Jahanam yang sedang bertengger di Trending Topic Twitter hari ini, Kamis (17/10/2019).

Film yang awalnya berjudul Impetigore ini merupakan film ke-8 sutradara Joko Anwar. Filmnya rilis pada hari ini, 17 Oktober 2019 di seluruh bioskop nasional.

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam

Mengambil genre horor, film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Maya (Tara Basro) yang mendapat informasi jika dirinya mewarisi sebuah rumah di desa keluarganya. Diantar oleh temannya, Dini (Marissa Anita), Maya kemudian berangkat ke desa tersebut.

Yang Maya tidak sadari, masyarakat di desa tersebut sebenarnya sedang berusaha menghilangkan kutukan yang melanda selama bertahun-tahun. Maya pun kemudian dipaksa untuk membuka rahasia besar yang selama ini disimpan rapat-rapat oleh keluarganya.

Joko Anwar adalah sosok di balik lahirnya skenario Perempuan Tanah Jahanam. Proses realisasi filmnya memakan waktu yang panjang, bahkan hingga 10 tahun lamanya.

Sebelum membuat proyek ini, Joko sudah terlebih dahulu dikenal dengan film-film ciptaannya seperti Janji Joni, Kala, Pintu Terlarang, Pengabdi Setan, hingga film superhero Gundala. Joko Anwar dikenal memiliki signature tersendiri dalam menggarap film-filmnya.

“Sejak 2009, saya sudah ingin membuatnya,” ucap Joko kepada awak media di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Warta Kota.

Usai naskahnya rampung, Joko mengaku tidak bisa langsung memfilmkannya. Ia menyadari jika proyeknya ini membutuhkan estetika khusus, sehingga memilih untuk tidak terburu-buru mengerjakannya.

Untuk departemen aktingnya, Joko juga tidak main-main. Beberapa nama berkualitas ia rangkul untuk film ini. Termasuk aktris senior Christine Hakim.

“Cukup lama saat mengajak mereka (para aktor dan aktris). Terutama (dalam) meyakinkan Christine Hakim,” tambahnya.

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film kolaborasi antara Rapi Film, Logika Fantasi, Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, dan CJ Entertainment. Rencananya, setelah tayang di Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam juga akan tayang di Malaysia pada 31 Oktober 2019 mendatang.

Menarik, bukan? Yuk kita nonton filmnya dan ramaikan tagar #PerempuanTanahJahanam di media sosial!

Click to comment
To Top