Music

5 Tips Bikin Lagu dari Idea Marvells

Tips bikin lagu dari Idea Marvells. Credit Photo: Instagram

Sayaajarkan – Hi saya Idea Fasha, gitaris dari Marvells band. Saya ingin berbagi tips dan pengalaman saat bikin lagu. Semoga bisa membantu kamu yang sedang punya hasrat untuk punya lagu sendiri.

Selama ngeband di Marvells, saya tergolong sering menyodorkan beberapa karya yang sudah saya buat sebagai single terbaru. Ada yang diterima, ada juga yang enggak. Tapi kebanyakan diterima sih, hehe.

Nah, kalau kamu lagi mentok, saya akan berbagi beberapa tips yang biasa saya lakukan ketika diminta membuat lagu. Sini saya ajarkan.

Tips bikin lagu dari Idea Marvells

Salah satu lagu ciptaan Idea bisa kamu dengar di lagu Marvells yang berjudul ‘Aku Jatuh Cinta.’ Credit Photo: Instagram’

1.Siapkan alat tulis seperti pulpen dan gadget. Kalau zaman sekarang bisa pakai gadget ya. Hehe. Siapkan juga satu alat musik yang akan membantu kamu mencari nada seperti gitar, piano, dan sebagainya. Jangan kendang ya, hihihi.

2. Cari tempat sepi biar kita bisa berkonsentrasi dalam memikirkan nada dan liriknya. Ini penting buat saya karena lirik yang dibuat harus terdengar mengalir.

3. Kalau kamu sudah punya sedikit nada atau melodi, coba untuk dikembangin pelan-pelan. Tentukan mau mellow atau ceria, biar kamu bisa sekalian menentukan liriknya juga. Biasanya sih, kalau nadanya sedih, maka liriknya juga bakal sedih, begitu juga sebaliknya. Tapi ini bukan aturan baku sih, yang penting kita harus bisa merasakan liriknya cocok atau enggak sama lagunya.

Ngomongin soal sedikit nada yang saya bahas tadi, cara mendapatkannya kadang spontan lho. Entah itu lagi jalan- jalan, lagi ngobrol, lagi olahraga dan lain-lain.

Saya malah sering dapat nada pas sedang tidur. Dari dalam mimpi. Ini beneran terjadi lho, bahkan beserta liriknya. Jadi jangan terlalu memaksakan nyari kalau memang belum dapat nada. Biarkan idenya sendiri yang mampir ke kamu. Ingat, segera rekam atau catat sewaktu dapat, biar tidak lupa.

Tips bikin lagu dari Idea Marvells

Gak cuma lirik, inspirasi nada juga bisa datang kapan aja. Credit Photo: Instagram

4. Setelah jadi, coba dimainkan, rasakan sudah enak belum? Liriknya sudah nyambungkah? Kordnya sudah pas atau belum? Jangan segan revisi sekiranya ada yang belum ngepas baik itu lirik atau kordnya.

5. Kalau sudah beres, waktunya untuk ‘konser kecil’ di depan teman, saudara, atau orangtua, coba tanya pendapat mereka. Kalau menurut mereka ada yang kurang, coba direvisi lagi.

Itu tadi 5 tips bikin lagu dari saya. Sebenarnya setiap pencipta lagu punya cara masing-masing dalam bikin lagu. Contohnya ada yang bikin liriknya dulu, atau ada juga yang bikin nada lagunya dulu, dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya gak ada aturan baku ya teman-teman. Lakukan apa yang menurut kita paling nyaman. Selamat mencoba. Sruput kopi dulu ah…

Click to comment
To Top