Music

NTRL: Abadikan 25 Tahun Karier dengan Album Mewah

NTRL

Sayaajarkan – Tak terasa, 25 tahun sudah band NTRL menjadi bagian dari sejarah musik rock di Tanah Air.

Terbentuk pertama kali pada 1993, band yang sebelumnya memakai nama Netral ini sukses menggebrak pakem dan menarik perhatian para pecinta rock kala itu.

Bongkar-pasang personel yang dialami bahkan tak mampu menghentikan band ini untuk terus menelurkan karya.

Tercatat sampai saat ini, sudah ada 12 album yang dirilis mereka dengan nama Netral, serta satu album bertajuk ’11/12′ yang merupakan album pertama dengan nama NTRL. Semuanya memiliki ciri khas utama yaitu cabikan bass dan suara lengkingan dari Bagus selaku frontman mereka.

“Enggak kerasa, dari band SMA yang latihan enggak jelas, bikin demo, masuk label, bikin album terus ganti-ganti personel dan bisa sampai sekarang. Luar biasa banget,” ucap Bagus perihal perjalanan bandnya seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Dari kiri: Eno (drum), Bagus (vokal, bass), dan Coki (gitar). Credit photo: instagram.com/ombags

Mengabadikan Perjalanan 25 Tahun NTRL

Menginjak usia seperempat abad, band yang kini beranggotakan Bagus (vokal, bass), Coki (gitar), dan Eno (drum) memilih untuk mengabadikan perjalanan mereka dengan merilis sebuah album mewah yang bertajuk ‘XXV’.

Album ini berisikan 7 lagu baru dan 19 single terdahulu mereka yang telah diaransemen ulang. Cek daftar lagunya berikut ini, apakah ada lagu favorit kamu di listnya?

1. Zero Toleransi
2. Babi
3. Pucat Pedih Serang
4. Nurani
5. Mimpi
6. Susu Coklat
7. Ombak
8. Kau
9. Anti Materi
10. Bobo
11. Bulan
12. Garuda di Dadaku
13. Mantra
14. Getir
15. Terbang Tenggelam
16. Setetes Sperma
17. Cipta Karya Jaya Rasa
18. Harga Mati
19. Joni Playboy
20. Lintang
21. Sorry
22. History
23. Nuansa
24. Haru Biru
25. Pertempuran Hati
26. Walah

Selain dirilis dalam format digital, NTRL juga bekerjasama dengan albumfisik.com untuk merilis versi fisik dalam bentuk boxset eksklusif.

Tidak kalah dengan boxset Rizky Febian yang sempat kita bahas kemarin, boxset berwarna platinum yang dibanderol Rp 350 ribu ini berisikan sertifikat kepemilikan, 2 CD, t-shirt, dan sebuah DVD film dokumenter berjudul ‘NTRL XXV Perjalanan 25 Tahun’.

Isi boxset XXV. Credit photo: instagram.com/ombags

Film Dokumenter ‘NTRL XXV Perjalanan 25 Tahun’

Sesuai dengan judulnya, film dokumenter garapan Anak Negeri Production ini terasa spesial karena isinya menceritakan perjuangan NTRL sepanjang 25 tahun terakhir.

“Netral-NTRL Perjalanan 25 tahun yang mampu bertahan menjaga kualitas berkarya, kami suguhkan bagi Netralizer dan penggemar musik di Indonesia. Dengan segala keterbatasan waktu dan sebagainya kami mencoba menjahit benang merah grup musik yang lahir di tahun 90-an ini.” pungkas mereka.

Seru ya, Tertarik mengoleksi?

Sumber:
– https://www.belialbumfisik.com
– https://www.instagram.com/ntrl.official

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top