Music

Ahmad Dhani: Nasib Karier Musik di Balik Jeruji Besi

Ahmad Dhani

Sayaajarkan – 28 Januari 2019 kemarin, musisi Ahmad Dhani divonis 1,6 tahun penjara atas kasus ujaran kebencian. Hakim menilai bahwa kicauan Dhani di akun Twitter pribadinya tersebut menimbulkan keresahan dan berpotensi memecah belah masyarakat.

Tak berhenti disitu saja, setelah sebelumnya mendekam di Rutan Cipinang, Dhani pun kini resmi dipindahkan ke Rutan Medaeng, Surabaya untuk menjalani sidang kasus ‘vlog’ yang saat ini juga sedang menjeratnya. Kaos ‘Tahanan Politik’ yang dikenakannya seolah jadi gambaran akan babak baru yang tengah dijalaninya.

Jejak Musik Ahmad Dhani

Terlepas dari pandangan politik dan semua masalah hukum yang menimpanya, ada beberapa fakta menarik mengenai karier musiknya.

Seperti yang kita tahu, sebelum memilih untuk terjun ke bidang politik, nama Ahmad Dhani sendiri dikenal berkat sepak terjangnya bersama band Dewa 19 yang didirikannya di tahun 1986.

Tercatat ada delapan kumpulan karya Dewa 19 yang lahir dan hingga kini masih terus didengarkan oleh banyak penikmat musik Tanah Air. Majalah Rolling Stone di tahun 2008 bahkan memasukkan nama Dewa 19 ke dalam ‘The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa’.

Dengan jejak besar itu, karier musik Ahmad Dhani pun terus meluas. Sang kreator musik itu kembali unjuk gigi lewat proyek band barunya seperti The Rock dan T.R.I.A.D.

Tangan dinginnya juga diakui ketika melahirkan dan memproduseri grup musik ternama seperti The Virgin, Dewi-dewi, dan beberapa nama lainnya.

Instagram.com/De19wa

Fokus di Politik?

Sejak memutuskan untuk terjun ke dunia politik, banyak penikmat musik yang mengira jika Dhani telah mengakhiri karier bermusiknya. Orang-orang menganggap Dhani kini lebih suka menyuarakan pemikiran dan sudut pandang politiknya ketimbang merilis karya baru.

Padahal, Ahmad Dhani dengan tegas menolak hal tersebut. Bagi Dhani, musik adalah hobi, sementara politik dianggapnya sebagai passion.

“Politik itu passion. Ya, kalau ditanya kenapa passionnya politik, ya, karena memang ayah saya politik dan kakek saya tentara. Jadi pasti ada darah politik,” tegasnya dalam vlog YouTube DOES episode 739 milik vokalis Endank Soekamti, Erix.

Tak cuma itu, sebelum dimasukkan ke dalam penjara, Ahmad Dhani juga ternyata sedang menyiapkan rencana comeback ke industri musik Tanah Air. Berikut tiga jejak musik Dhani sebelum ia menghuni penjara.

Rilis Lagu-lagu di YouTube

Sesuai dengan ucapan bahwa musik adalah hobi, Ahmad Dhani tergolong aktif merilis hasil aransemen dan karya musik di akun YouTube pribadinya.

Beberapa lagu seperti ‘Di Wajahmu Kulihat Bulan’, ‘Gempa di Hatiku’, ‘Andai Aku Bisa’, ‘Sabda Alam’, ‘Masih Ada’, ‘Semua Bisa Bilang’, ‘Dia’, dll sukses menjadi pengobat rindu para penikmat musiknya.

Kalau kangen dengan Dewa 19, beberapa footage dan aksi live mereka saat manggung juga ditampilkan di sana.

Berencana Manggung bareng Dewa 19 di Malaysia

Begitu mendapat vonis dan dimasukkan ke dalam sel tahanan, Ahmad Dhani mau tak mau harus membatalkan seluruh kegiatannya. Baik itu di ranah politik maupun di ranah musik.

Padahal, beberapa pekan sebelum vonis dibacakan, Ahmad Dhani sedang getol-getolnya berlatih bersama band legendaris miliknya, Dewa 19. Bandnya kala itu dijadwalkan manggung di Malaysia pada 2 Februari 2019.

Atas vonisnya tersebut. Dhani pun harus absen. Ia kemudian menyerahkan kursi keyboardnya kepada salah satu putranya, Abdul Qadir Jaelani atau yang akrab disapa Dul untuk menggantinya.

Rupanya, Dhani memang tak salah memilih Dul untuk menggantinya. Konser yang diberi tajuk ‘Konser Dewa 19 feat Ari Lasso dan Once Mekel Reunion Live in Malaysia’ itu berjalan dengan sukses.

Rencananya, selain di Malaysia, Dul juga bakal kembali menggantikan ayahnya untuk manggung bareng Dewa 19 di beberapa event lain.

Aksi Dul ketika manggung bareng Dewa 19 di Malaysia. Credit photo: Instagram.com/duljaelani

Sedang Mempersiapkan Album Solo

Tidak banyak orang yang tahu, Ahmad Dhani diam-diam sedang mempersiapkan sebuah album solo sebagai jawaban atas pertanyaan mengenai karier musiknya yang banyak digosipkan mandek.

Bekerjasama dengan vokalis Endank Soekamti, Erix, Dhani berencana merilis sebuah album fisik untuk para fansnya. Albumnya ini nanti akan dirilis melalui www.belialbumfisik.com.

Dalam sebuah wawancara yang diunggah di akun YouTube milik Soleh Solihun, Erix Soekamti mengungkapkan jika Dhani kembali menunjukkan kejeniusannya di lagu-lagu terbarunya nanti.

“Aku didengerin (lagunya) semua, aduh, ini Mas Dhaniku nih, musisi tuh yang kayak gini nih, itu ajaib banget, karyanya masih ajaib, super ajaib,” ucap Erix dalam wawancara tersebut.

Erix menambahkan, semua single-nya juga sudah melalui tahap mastering. Dan meski tengah terbentur kasus hukum, albumnya tersebut akan tetap dirilis sesuai jadwal, bahkan akan dijadikan satu paket dengan sebuah buku yang sedang ditulis Dhani.

“Album kita tetep jalan,” tegas Erix menirukan Ahmad Dhani.

Well, apakah adakah di antara kalian yang masih nungguin karya terbarunya Ahmad Dhani?

Sumber:
– https://tirto.id/kisah-ahmad-dhani-dari-musisi-hingga-terlempar-ke-balik-jeruji-dfin
– https://hot.detik.com/celeb/d-4412635/haru-konser-bareng-dewa-19-dul-ungkap-cinta-buat-ahmad-dhani-dan-maia
– https://entertainment.kompas.com/read/2019/02/07/123033910/masih-gantikan-ahmad-dhani-dul-jaelani-kembali-manggung-bersama-dewa
– https://www.youtube.com/watch?v=GmgCjdKbKAM&t=4157s

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top