Music

Fakta-fakta Kelam Industri K-Pop yang Bikin Bergidik

fakta kelam industri k-pop

Sayaajarkan – Sudah beberapa tahun terakhir ini Negeri Ginseng, Korea Selatan mengukir prestasi yang gemilang di kancah musik dunia. Sangat banyak orang dari berbagai negara yang jatuh hati pada musik-musik K-Pop termasuk di Indonesia.

Yang banyak orang belum tahu, jalan untuk menjadi bintang pop Korea ternyata sama sekali tidak mudah.

Seperti dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa fakta seram di balik kemegahan industri K-Pop. Memang tidak semua management menerapkan sistem ini, namun beberapa kasus sempat mencuat ke media.

Fakta Seram di Balik Kesuksesan Bintang K-Pop

Kontrak budak

Disebut kontrak budak karena masa kontrak dengan management yang menaungi si artis sangat panjang. Tidak hanya setahun atau 5 tahun saja, tetapi bisa sampai belasan tahun. Ada juga artis yang mengikat kontrak dengan management musik sejak kecil.

Honor kecil

Ternyata idol K-Pop mendapat bayaran tidak lebih dari 10%-20%, itu pun masih dibagi dengan jumlah personil. Sisanya 80%-90% adalah hak agensi atau management. Oleh sebab itu idol K-Pop tidak sekaya raya yang kita bayangkan, walaupun mereka sudah bernyanyi keliling dunia.

Training camp

Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan idol K-Pop sebelum terjun ke industri hiburan. Seorang calon idol yang menjalani training bisa sampai 10 tahun tanpa kepastian mereka akan debut menjadi artis.

Sulli, member f(x) yang kena masalah karena ketahuan pacaran.
Sulli, member f(x) yang kena masalah karena ketahuan pacaran.

Tidak boleh Pacaran

Tidak semua management artis K-Pop menerapkan hal ini. Tapi tidak sedikit juga yang menerapkannya, sehingga sering terjadi kasus pacaran diam-diam. Seperti halnya yang dialami member f(x) Sulli yang kedapatan tengah berkencan dengan seorang pria. Rumor menyebutkan Sulli akan segera mundur dari f(x).

Operasi plastik

Manajement artis K-Pop berhak merubah fisik artisnya jika dirasa ada kekurangan. Keputusan management ini mutlak dan si artis harus melakukan operasi plastik. Kecuali ada alasan yang mengancam jiwa jika melakukan operasi plastik, misalnya penyakit bawaan tertentu.

Pelecehan seksual

Banyak kasus ditemukan bahwa para trainee idol mengalami pelecehan seksual oleh orang managementnya. Sebagaimana dilansir Korea Joongang Daily, menyebutkan bahwa enam dari 10 orang artis pernah dipaksa melayani nafsu bejat produser, politisi, dan orang-orang penting lainnya.

Seram banget, ya!

Sumber lain:

– https://www.brilio.net/creator/fakta-tersembunyi-dibalik-dunia-kpop-kpopers-harus-tahu-111269.html#
– http://www.tribunnews.com/seleb/2017/08/05/fakta-mengerikan-di-balik-gemerlapnya-k-pop-ada-yang-tetap-miskin-banyak-yang-jadi-korban-seksual?page=2

Click to comment
To Top