Health

Postur Tubuh Kurang Baik? Perbaiki Yuk!

postur tubuh, sayaajarkan

Sayaajarkan – Postur tubuh yang baik penting dalam banyak hal. Postur tubuh yang baik dapat memperbaiki penampilan dan memancarkan rasa percaya diri, juga akan membuat kita terlihat lebih muda dan berwibawa. Postur tubuh yang baik juga dapat menjaga kesehatan tulang.

Sikap tubuh yang buruk dapat menyiksa otot dan ligamen, membuat kita lebih rentan terhadap cedera. Dan juga membuat tugas sehari-hari seperti mengangkat bahan makanan atau mencuci terasa lebih sulit. Postur yang buruk juga akan meningkatkan “aus” pada sendi, sehingga mempercepat terjadinya osteoartritis.

Saat kita sakit punggung, mudah bagi kita untuk pergi ke dokter. Tetapi, sebenarnya kita bisa memperbaiki sendiri kok. Asalkan dilakukan secara teratur. Yuk kita lihat rahasianya.

Tips Perbaiki Postur Tubuh

1)Perhatikan Posisi Saat Berdiri

 Saat berdiri, pinggul, bahu dan lutut harus sejajar dengan sisi lainnya. Tidak ada yang lebih tinggi atau rendah. Lutut dan pergelangan kaki harus lurus ke depan, dan kepala juga harus lurus.

2) Posisi Duduk Lurus

Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu untuk bekerja. Dan ketika kita bekerja di dalam kantor, kita menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Jadi posisi duduk ini akan berpengaruh pada postur tubuh kita.

Maka harus dibiasakan dari sekarang untuk punya posisi duduk yang baik. Yaitu duduklah dengan baik, postur tegak dan tidak menyandar. Juga kedua kaki jangan disilangkan, karena justru akan memperburuk bentuk tulang punggung nantinya. Jika merasa lelah, kita bisa melakukan peregangan kecil atau bisa jalan-jalan sebentar.

3) Memperkuat Otot

Pilates dan yoga juga merupakan cara yang baik untuk mendapat dan mempertahankan postur tubuh yang baik. Karena keduanya membangun kekuatan otot, otot perut dan daerah pinggul.

Demikian juga, olahraga secara teratur juga amat membantu membentuk postur tubuk yang baik.

4) Latihan Angkat Beban dan Jalan Kaki

Vertebal Compression Fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan salah satu ciri dari usia tua.Hal tersebut disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang.

Maka untuk mencegah hal ini, sebelum terlambat sering-seringlah latihan angkat beban dan berjalan kaki. “Orang yang melakukan jalan kaki secara teratur selama hidup mereka cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.” Kata Rebecca Sequin, PhD, seorang ahli physiologist dan nutritionist dari Seattle, Amerika Serikat.

5) Konsumsi Makanan Sehat

Tentunya kita tahu bahwa kalsium adalah hal yang baik bagi tulang dan dapat membantu menjaga otot. Bagi wanita berusia 19-50 tahun disarankan mendapatkan 1000 mg kalsium sehari-hari. Tentunya asupan kalsium terbaik adalah dari makanan alami dan bukan dari suplemen ya.

Asupan makan sehat memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan serta pembentukan postur tubuh.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.  Yuk, kita lakukan hal-hal di atas sebelum terlambat!

Click to comment
To Top