Health

Narkoba: Tips Hindari Obat-obatan Terlarang

Tips Hindari Narkoba. Credit Photo: blog.oxford.co.za

Sayaajarkan – Belum lama ini kita dikejutkan dengan penangkapan dua artis Indonesia, Tio Pakusadewo dan Jennifer Dunn yang ditangkap polisi karena kasus narkoba. Rasanya tak ada berhentinya pesohor kita kedapatan pakai drugs.

Say No to Drugs! Katakan tidak pada narkoba! Rasanya kalimat itu enteng untuk diucap. Tapi, coba tanyakan pada orang yang sudah telanjur jadi pemakai. Pasti mereka bakal bilang betapa susahnya lepas dari jerat zat adiktif itu.

Nah, jika demikian adanya, bagaimana agar terhindar dari rayuan barang haram tersebut? Langkah-langkah berikut patut dicoba jika kamu bertekad ingin hidup bersih sepanjang hidup kamu.

Sini saya ajarkan.

Jangan Pernah Mencoba!

Usia remaja sangat rentan terhadap penggunaan narkoba. Sebab, di usia ini, dorongan untuk mencoba sesuatu yang baru kerap timbul. Salah satunya, coba-coba pakai.

Saat remaja pula, muncul keinginan untuk mengikuti tren atau terbujuk rayu omongan teman untuk bersenang-senang pakai obat-obatan terlarang. Maka, kalau kamu ingin terhindar, cara paling mudah adalah jangan pernah sekalipun mencobanya. Ingat, narkoba memiliki zat adiktif alias menimbulkan kecanduan. Sekali jadi pecandu, sulit sekali terlepas dari jeratnya.

Tips Hindari Narkoba

Jangan ragu berkata tidak pada apapun yang dampaknya buruk buat kamu. Credit Photo: Crosswalk.com

Jangan Merokok dan Minum Beralkohol

Lho, apa hubungannya dengan rokok? Apa merokok melanggar hukum sebagaimana obat-obatan terlarang? Ya, polisi tidak menangkap orang karena kedapatan merokok. Namun merokok bukan saja merusak kesehatan, merokok dan minuman beralkohol cenderung menjadi pintu masuk penyalahgunaan narkoba.

Makan Makanan Sehat

Nutrisi dari makanan sehat menyediakan energi yang ditubuhkan tubuh, membantu mengontrol berat badan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat juga bisa menghindari dari penyakit kronis ataupun membuat mood lebih stabil. Bila tubuh diisi makanan sehat, kamu juga akan sehat jasmani dan rohani, yang tentu makin mudah untuk menolak barang-barang tak menyehatkan seperti narkoba.

Jangan Berteman dengan Pemakai

Ada pepatah Arab yang mengatakan jika berteman dengan tukang parfum, pasti akan kena wangi parfumnya. Nah, begitu juga bila berteman dengan pengguna narkoba. Barang haram ini awalnya sering kali didapat dari lingkungan pertemanan. Sudah banyak cerita mantan pengguna kambuh lagi karena bergabung dengan teman-teman lamanya sesama pengguna. Ingat betul hal ini, teman yang mengajak kamu pakai narkoba bukanlah teman sejati. Sebab teman sejati takkan menjerumuskan sahabatnya sendiri.

Tips Hindari Narkoba.

Jika ada temanmu yang menawari narkoba, berarti dia bukan teman yang baik. Katakan tidak. Credit Photo: academicintegrity.ucsd.edu

Jangan Mudah Stres dan Jaga Emosi

Menjaga agar tidak stres sangat penting bagi siapa saja. Keadaan stres juga bisa jadi jalan masuk menggunakan obat-obatan terlarang. Ya, narkoba sering dipakai untuk menghilangkan stres maupun mengatasi emosi seperti sedih, marah, gugup, khawatir berlebih, atau kecewa berat. Maka, sangat penting untuk menghindari stres dan mengontrol emosi agar tidak pakai drugs sebagai pelarian.

Stres bisa dihindari dengan berbagai cara, di antaranya dengan berolahraga, berlatih yoga, aktif beraktivitas, dan macam-macam lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top