Health

Gigit Kuku Terus? Setop dengan Tips Ini

Gigit Kuku. Credit Photo: © 237/Joerg Steffens/Ocean/Corbis

Sayaajarkan – Secara psikologis, gigit kuku merupakan bentuk ekspresi fisik dalam menghadapi perasaan khawatir atau tak nyaman.

Kebiasaan gigit kuku hampir sama dengan kebiasaan mengayun-ayunkan kaki saat bosan atau mengangguk-anggukan kepala saat mendengar alunan musik. Semuanya terjadi secara spontandan seringkali tak disadari pelakunya.
 
Kebiasaan menggigit kuku saat gugup, bosan, atau kesal memang dapat merusak keindahan kuku dan gigi. Namun banyak orang merasa kesulitan menghentikan kebiasaan ini.
 
Jika kamu termasuk rajin menggigiti kuku di saat suntuk, saya punya tips agar kebiasaan iseng itu hilang. Sini saya ajarkan.

Gigit kuku.

Alihkan pikiranmu setiap mulai terpikir untuk menggigit kuku. Credit Photo: Video Hive

Niat

Ya, untuk melakukan apapun, kamu harus niat. Jika melakukannya hanya untuk mengikuti keinginan dari sang pacar atau mendapat tekanan dari orang lain, proses menghentikan kebiasaan ini hanya akan menambah tekanan psikis bagi kamu.
Yakinkan pada dirimu, kebiasaan ini tidak baik bagi keindahan kuku dan tidak sedap dipandang.

Tentukan waktu untuk memulai proses

Tandai kalender kamu, tentukan jangka waktu yang kamu gunakan untuk memulai proses awal menghentikan kebiasaan buruk ini. Gunakan waktu-waktu ini untuk menahan kebiasaan memainkan kuku. Jika kamu melewati waktu yang ditentukan, jangan khawatir. Perpanjang waktunya hingga kamu benar-benar siap berhenti.

Tapi jangan malas-malasan, ya!

Nail treatment

Kuku yang sering digigiti akan meninggalkan bekas tercabik dan potongan yang tak rata. Untuk merawatnya, lakukanlah perawatan manicure yang dapat memperbaiki bentuk kuku menjadi indah seperti semula, bahkan lebih indah.

Selain itu, sayang juga kan, kalau sudah dirawat baik-baik malah dirusak lagi?

Gigit kuku.

Merawat kuku harusnya lumayan ampuh untuk menahan kita menggigit kuku. Sayang kan kalau sudah bagus-bagus jadi rusak karena digigiti terus? Credit Photo: body-treatments.co.nz

Kuteks ber-glitter

Poleskan kuteks dengan warna yang sangat kamu gemari. Kalau perlu, gunakan pemoles kuku dengan efek shimmer atau glitter yang membuat tekstur kuku menjadi agak kasar.

Kuteks dengan permukaan yang kasar biasanya memiliki aroma yang lebih kuat. Nah, saat kebiasaan burukmu kambuh, lidah akan mengecap rasa pahit serta aroma menyengat yang ada pada kuku. Rasa yang tentunya tidak enak ini akan membuat kamu kapok untuk mengulanginya.

Cat yang terkandung dalam kuteks juga berbahaya jika tertelan. Saat kamu akan menggigit kuku, biasakan untuk terlebih dulu melihat kondisi kuku. Apakah bersih atau terpoles kuteks?

Kuteks rasa cabai

Untuk trik yang satu ini, lakukan saat tidak sedang melakukan aktivitas tertentu. Oleskan sambal atau saus ke masing-masing kuku dan diamkan. Bersantailah sejenak, jangan lakukan apapun, hingga akhirnya kamu merasa bosan.

Saat kejenuhan mulai dirasakan, biasanya di titik inilah seseorang akan spontan menggigiti kuku. Tapi, ouch…! Bukannya menggigit kuku, malah sambal yang menempel di lidah kamu. Lakukan trik ini beberapa kali hingga kamu kapok menggigit kuku lagi.

Tapi hati-hati, jangan kucek mata ya saat sedang melakukan trik ini.

Click to comment
To Top