Health

Penuaan Dini? Cegah dengan 5 Tips Ini

Ayo cegah penuaan dini. Credit Photo: Tiphero.com

Sayaajarkan – Menjadi tua itu takdir, namun penuaan dini itu pilihan. Jika kamu tak cermat merawat kebugaran tubuh dan menjaga aktivitas sehari-hari, tubuh dan kulit dapat menua lebih cepat. Tidak mau kan, terlihat tua di usia yang masih belia?

Untuk mencegah penuaan dini, caranya mudah. Tak perlu perawatan mahal di salon kecantikan atau memborong produk perawatan kulit hingga menguras kantong. Cukup hindari 5 kegiatan di bawah ini agar kondisi tubuh tetap prima. Mau tahu? Sini saya ajarkan.
 
Makan terlalu banyak

Menurut pepatah, berhentilah makan sebelum kenyang. Pepatah ini ada benarnya juga, karena jika kamu kekenyangan, akan muncul beberapa dampak negatif pada tubuh. Tak hanya membuat lingkar pinggang melebar, makan terlalu banyak juga dapat meningkatkan gejala penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ditambah lagi, garis perut akan melentur dan menyebabkan sejumlah penyakit di organ dalam, seperti hernia.
 
Untuk menghindari gangguan-gangguan ini, kamu disarankan untuk memotong kalori dan lemak dari makanan yang dikonsumsi. Biasakan mengunyah makanan lebih perlahan agar perut terasa lebih cepat kenyang walau makan dalam porsi mungil.

Oh ya, saat makan, jangan lupa perbanyak sayuran dan buah.

Penuaan dini.

Jika kamu bisa hidup muda semaksimal mungkin, lalu kenapa membiarkan penuaan datang dengan dini. Credit Photo: Republika.

Stres

Untuk hal yang satu ini, kamu pasti sudah mengenal apa saja gejala yang ditimbulkannya. Tak hanya gangguan kejiwaan dan fisik, stres juga dapat membuat kamu lebih tua dari usia yang sebenarnya.
 
Cara sederhana untuk menghindari stres ialah belajar untuk berkata “tidak”. Mayoritas orang dilanda stres karena terlalu banyak mengerjakan sesuatu yang melebihi kemampuan fisik dan mental. Jika kamu sudah merasa lelah dan tak sanggup menerima tugas tambahan, jangan ragu untuk berkata “tidak”. Pelajari juga cara mengambil pilihan hidup dan menghindari rasa khawatir berlebih.
 
Pendengaran berkurang akibat earphone

Bagi kamu yang tak dapat lepas dari musik, earphone tentu menjadi barang yang paling akrab di telinga. Hati-hati, terlalu sering menggunakan earphone (apalagi jika volume suaranya tinggi) dapat menurunkan kualitas pendengaran.
 
Gantikan earphone dengan headphone atau cukup gunakan speaker agar telinga bebas dari “tempelan”. Pasang musik dengan volume yang aman dan nyaman di telinga agar gendang telinga tak terganggu.

Penuaan Dini

Hiduplah dengan sehat, dan nikmatilah hidupmu dengan baik. Supaya tidak terkena penuaan dini. Credit Photo: Groupon.com

Terlalu lama menatap layar

Menonton televisi, bermain game, atau menggunakan komputer/laptop/tablet terlalu lama dapat mempercepat penuaan dini, khususnya pada penglihatan. Terlalu lama di depan monitor dapat membuat mata perih karena lebih sering mengedipkan mata dan berat badan melonjak karena terlalu lama duduk tak akan membakar kalori. Hal ini juga dapat menurunkan kualitas otak, karena otak memerlukan rangsangan intensif.
 
Aktivitas seks yang menurun

Seks tak hanya menyenangkan secara psikis, namun juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Unsur-unsur kimia yang dilepaskan tubuh saat orgasme dapat memompa level kekebalan tubuh, memperkuat ketahanan tubuh dari rasa sakit, dan meningkatkan kekuatan jantung.*** 

dari Berbagai Sumber

Click to comment
To Top