Health

Sahur Yang Tidak Membuat Kita Haus Saat Berpuasa

sahur yang tidak membuat haus

Sayaajarkan – Salah satu tantangan saat berpuasa bukanlah rasa lapar. Di negara tropis seperti Indonesia, rasa haus bisa menjadi tantangan terberat saat kita menjalani puasa. Kita sudah mensiasatinya dengan cara minum bergalon-galon air saat sahur. Tapi kok tetap saja seringkali kita merasa haus ya?

Seakan air minum yang kita minum saat tak memiliki efek sama sekali. Iya khan?

Ternyata rasa haus saat puasa bukan karena kita tak minum cukup air. Bahkan jika saat kita sudah minum bergalon-galon air, sampai perut kalian mules dan kembungpun bisa jadi kita akan tetap merasakan haus saat menjalani puasa jika tidak memperhatikan hal ini.

“Lantas, yang bikin haus saat puasa itu apa dong?”

Mengkonsumsi Minuman Berkafein.

Walaupun sebagian dari kita menyukai kopi dan teh di sajikan saat sahur, kafein yang terkandung dapat menambah produksi urin yang artinya mengeluarkan air di dalam tubuh kita.

Terlebih lagi, jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya, maka akan menambahkan rasa haus. Karena kita harus menahan haus selama puasa, pastikan kita hanya mengkonsumsi air putih saja yah guys!

sahur tidak haus

Sahur-sahur kita sudah disiapkan teh dan kopi. Credit Photo: www.lifeadvancer.com

Makanan Berprotein Tinggi 

Saat kita mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, tubuh kita akan menggunakan air dalam tubuh untuk membantu mencerna saat proses metabolisme terjadi. Terkadang makanan yang berprotein tinggipun memiliki kandungan garam.

Bisa jadi kita memang kenyang di pagi hari, tapi jika merasa haus di siang hari, bisa jadi puasa kita malah batal. Jadi minta saja menu seperti buah-buahan saat sahur ya.

sahur tidak membuat haus

Menu makanan sahur yang mewah dengan banyak makanan berprotein tinggi. Credit Photo: medikaplaza.co.id

Nah, kadang kita sebagai manusia kan memang suka yang enak-enak. Kalau memang begitu, tipsnya adalah dengan minum segelas air putih hangat sebagai penutup sahur. Air hangat dapat menggelontor zat minyak yang menempel di dinding kerongkongan. Sisa-sisa minyak itulah juga yang dapat memicu rasa haus saat berpuasa

Ingat ya, air hangatnya di akhir..

Artinya setelah minum air hangat jangan makan lagi, karena fungsi kalian minum air hangat tadi adalah untuk membersihkan kerongkongan dari minyak makanan sahur.

sahur tidak haus minum air hangat

Minum air hangat sebagai penutup sahur. Credit Photo: Coolturo.mk

Rasakan bedanya…

Seharian penuh puasa, kerongkongan kita akan terasa lega dan tak terasa haus sama sekali. Insya Allah..

Yuk, dicoba ya?

Click to comment
To Top