Health

Sariawan: Tips Sembuhkan Tanpa Obat

Tips Sembuhkan Sariawan Tanpa Obat

Sayaajarkan – Masih ingatkah kita dengan pelarangan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap penggunaan salah satu produk obat sariawan? Kejadian tersebut bermula BPOM telah menerima 38 laporan kasus terkait penggunaan obat tersebut yang menimbulkan efek samping serius yaitu luka yang membesar dan berlubang hingga menyebabkan infeksi.

Adanya pelarangan BPOM tersebut membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memilih obat. Tapi kita tidak usah risau, sariawan masih bisa disembuhkan dengan cara alami, kok. Namun sebelumnya, pahami dulu apa itu sariawan dan mengapa ia bisa muncul dengan mudahnya.

Penyebab Sariawan

Sariawan yang berbentuk seperti luka berwarna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans. Biasanya, orang yang terinfeksi jamur jenis ini sedang menurun kondisi kekebalan tubuhnya. Lidah tergigit sedikit saja bisa menjadi luka yang berujung sariawan.

Selain kondisi yang tidak fit, sariawan juga dapat dipicu oleh alergi makanan, stres, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, atau ketidakseimbangan hormon. Pada anak-anak, penyakit ini bisa juga timbul karena penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Umumnya, sariawan dapat sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, banyak orang yang tidak mampu menahan rasa perih ketika lukanya digunakan untuk makan, minum, maupun berbicara sehingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan obat yang dijual bebas.

Nah, untuk meminimalisir resiko memilih obat yang tidak aman, berikut ini cara alami yang dapat kamu coba.

Air garam, lemon, dan cuka apel bisa dimanfaatkan untuk sembuhkan sariawan. Credit Photo: Shutterstock

Obat Alami untuk Sariawanmu

Air Garam

Garam dapat menarik cairan pada luka sariawan. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sehingga cepat sembuh.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, berkumurlah sekitar satu sampai dua menit, tiga kali sehari. Atau, oleskan garam pada luka lalu bilas. Lakukan rutin hingga sariawannya hilang.

Air lemon plus madu

Selain menggunakan garam, kamu juga bisa berkumur dengan perasan air lemon yang ditambahkan dengan madu.

Caranya, peras setengah buah lemon ke dalam gelas, lalu tambahkan perasan air lemon dengan madu dengan perbandingan 1:1, aduk rata kemudian berkumurlah.

Cuka apel plus madu

Meskipun agak perih, sifat asam cuka sari apel adalah solusi yang cukup ampuh. Untuk mengurangi rasa asam dari cuka sari apel, kita bisa juga menambahkan madu.

Caranya, campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan satu sendok makan madu kedalam setengah gelas air. Kemudian larutkan di mulut selama beberapa menit. Kita dapat berkumur setiap pagi dan malam hari.

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top