Health

Tips Jaga Kebersihan Gigi Anak dengan Obat Kumur

Obat kumur untuk jaga kebersihan gigi anak

Sayaajarkan –Tahukah kamu? Menjaga kebersihan gigi dan mulut ternyata tidak hanya cukup dengan menyikat gigi lho.

Menurut penelitian para ahli, aktivitas menyikat gigi hanya bisa membersihkan sekitar 30-53 persen saja dari koloni kuman yang ada di mulut.

Untuk itulah penggunaan alat tambahan diperlukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mencegah bau mulut. Terutama untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan hanya menggunakan sikat gigi dan pasta gigi saja.

Ngomong-ngomong soal alat tambahan, beberapa produk yang bisa kita pertimbangkan beberapa di antaranya adalah dental floss, tongue scraper (pembersih lidah), dan juga obat kumur.

“Kebersihan mulut juga lebih bagus kalau sikat gigi dipadu dengan obat kumur,” kata Drg. Yudha Rismantoz, saat acara kampanye “Ubah Dengan Suara” Listerine di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/2). Bagi orang dewasa, berkumur dengan obat kumur dianjurkan sebanyak dua kali sehari.

Pemakaian Obat Kumur untuk Kebersihan Gigi Anak

Lalu Bagaimana dengan anak-anak? Menurut Yudha, anak baru dianjurkan untuk diajarkan menggunakan obat kumur setelah memiliki gigi tetap. Anjuran pemakaiannya kurang lebih hampir sama seperti dewasa, yaitu dua kali sehari.

“Kalau anak kecil yang belum ada gigi tetap, kira-kira di bawah tujuh tahun, obat kumur lebih bersifat suportif,” ujar dia.

Yang terpenting, ditambahkan Yudha, sebelum sampai ke tahap itu anak-anak lebih baik memahami cara menyikat gigi yang baik dan benar terlebih dahulu. Selain itu, mereka juga harus mengerti cara berkumur, agar obat kumur tidak ditelan yang mana bisa sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Pilihlah obat kumur yang aman digunakan pada anak-anak. Credit photo: Consumer Guide to Dentistry.

Cara mengajarkan Anak Berkumur

Sebelum membiarkan anak memakai obat kumur. Para orangtua bisa terlebih dahulu mengajari anak cara berkumur yang benar. Mulailah dengan berkumur menggunakan air putih atau cairan lainnya yang aman jika tertelan.

Oh ya, jika anak masih belum bisa berkumur, orangtua bisa membantu membersihkan gigi sang anak dengan membasahi kain dengan obat kumur. Kemudian, pakailah kain itu untuk mengelap gigi dan gusi anak.

Ingat, pilih obat kumur yang aman untuk anak-anak, ya!

Click to comment
To Top