Health

Insomnia: Atasi dengan Ubah Warna Kamar Tidur

Insomnia

Sayaajarkan – Bagi yang sulit untuk terlelap di malam hari, ada baiknya mengganti warna tembok kamarnya agar nyaman di mata. Tips sederhana, namun perkara satu ini bisa saja menjadi kunci penghilang insomnia kita.

Alasannya adalah karena warna tembok kamar tidak hanya mempengaruhi penampilan ruangan, tapi juga mempengaruhi suasana hati kita.

“Semuanya mengerucut pada dua kelompok warna,” kata interior designer Ellen Kennon, dikutip dari Real Simple.

“Warna-warna teduh membuat kita nyaman dengan diri sendiri. Sedangkan warna-warna hangat lebih cocok untuk ruang sosial saat kita ingin memicu komunikasi dan kreativitas,” urai dia.

Warna Terbaik Penghilang Insomnia

Warna biru disarankan untuk memberikan suasana tenang. Sebuah survey yang diadakan oleh Travelodge mengungkapkan bahwa partisipan yang warna tembok kamarnya biru merasakan tidur paling nyenyak dibandingkan lainnya, dengan rata-rata durasi tidur 7 jam 52 menit setiap malamnya.

Warna lain yang tak jauh efeknya dari biru dalam survey tersebut yaitu hijau lumut, kuning pucat, dan silver. Sedangkan warna terburuk untuk urusan tidur adalah ungu. Partisipan yang tembok kamarnya berwarna ungu hanya berhasil terlelap sepanjang 5 jam 56 menit per malam.

Menurut psikolog klinis dan spesialis tidur Dr. Michael Breus, warna-warna seperti putih dan merah sebaiknya dihindari karena berhubungan dengan naiknya tekanan darah. Warna tembok dengan sentuhan akhir glossy juga tidak disarankan.

Meski demikian, warna mempengaruhi setiap orang dengan cara berbeda. Meski pemilihan warna tembok kamar menggunakan penelitian ini bisa membantu, pilihlah yang paling memberikan arti positif pada diri kita.

“Pada akhirnya, mengecat kamar Anda tidak akan menyembuhkan insomnia. Namun jika kita berusaha dengan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan, kita akan mulai melihat efeknya,” jelas Dr. Breus.

Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Credit photo: Healthline.com

Semakin Nyaman, Semakin Lelap

Selain masalah warna cat tembok, dikatakan juga bahwa berbagai hal lainnya turut andil dalam membuat kita pulas. Antara lain suara, sentuhan, hingga aroma. Bantal yang empuk, sprei yang halus, hingga wewangian lavender bisa membantu mendapatkan tidur berkualitas.

Jadi, buatlah kamar tidur kita senyaman mungkin agar nyenyak dan segar ketika bangun pagi. Jauhkan juga smartphone dari jangkauan kita. Jangan sampai akibat kurangnya istirahat, aktivitas kita seharian jadi terganggu.

Punya tips berguna untuk menghilangkan insomnia?

Click to comment
To Top