Health

Mabuk Perjalanan: Tips Atasi Tanpa Obat

mabuk perjalanan.

Sayaajarkan – Sering mabuk perjalanan? Mau mabuk darat, laut atau udara, mabuk perjalanan membuat pengalaman traveling kita jadi kurang menyenangkan.

Dari mual, pusing, hingga mau muntah pun jadi musuh sebelum sampai tujuan. Menyebalkan. Bukannya menikmati pemandangan, malah masuk angin duluan sepanjang jalan.

Karena tidak ada pintu ajaib ke mana saja milik Doraemon, mau tidak mau, perjalanan tersebut harus tetap dilakukan bukan. Supaya nyaman sepanjang perjalanan, obat anti mabuk kendaraan seperti Antimo pun kerap jadi andalan.

Tetapi, bila ingin yang lebih alami serta menghindari obat-obatan, Sayaajarkan.com punya sejumlah tips gampang dalam menghindari dan mengatasi mabuk perjalanan.

Yang Harus Dilakukan Saat Mabuk Perjalanan

Konsumsi jahe

Jahe adalah penawar mual alami. Meminum teh jahe, memakan permen jahe, atau cemilan berbahan jahe lainnya bisa dipakai untuk menghilangkan rasa mual. Jadi sebelum berangkat, coba siapkan secukupnya untu jaga-jaga.

Hindari makanan berat

Bila mengonsumsi jahe bisa dilakukan untuk mengobati mabuk kendaraan, memakan makanan lembut sebelum naik kendaraan bisa dilakukan sebagai tidakan pencegahan. Hindari makanan berat dan berminyak. Jauhi gorengan. Cobalah biskuit- atau roti-roti lembut sebagai bekal.

Jauhi juga alkohol dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi instan karena hanya akan memperparah mabuk perjalanan. Minum air putih atau jus buah sangat diajurkan untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

Hindari pula bermain gadget karena akan membuat mabuk perjalanan yang dirasakan semakin parah. Credit photo: Tripsavvy.com

Pilih posisi duduk

Guncangan pada kendaraan menyebabkan mabuk. Untuk itu bila memungkinkan, pilihlah posisi duduk di area yang tidak banyak mengalami guncangan.

Misalnya pada mobil, di kursi depan atau dekat sopir. Pada kapal laut, di bagian tengah. Dan di pesawat terbang, hindari duduk di bagian belakang. Usahakan duduk dekat hidung pesawat, atau bagian tengah dekat sayap.

Tutup mata dan dengarkan musik

Mabuk muncul saat sistem keseimbangan tubuh terganggu. Indera-indera kita merasakan gerakan, namun tidak dapat melihatnya.

Untuk mengurangi rangsangan yang diterima sensor tubuh, coba tutup mata kita sambil mendengarkan musik kesukaan. Musik dapat menjadi pengalih perhatian kita sehingga tidak terfokus pada gerakan kendaraan.

Oh ya, kalau badan terasa tidak fit, jangan paksakan berpergian. Kondisi tubuh yang lemah akan membuat kita lebih mudah terkena mabuk kendaraan. Sudah sakit, mabuk pula. Perjalanan pasti akan terasa bagai neraka. Jadi, pastikan kita sehat sebelum berangkat!

Mudah bukan? Punya tips lain seputar mabuk perjalanan? Have a nice trip!

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top