Health

Tips Merawat Gigi agar Putih dan Bebas Karang

Tips memiliki gigi putih dan sehat.

Sayaajarkan – Salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri adalah memiliki gigi yang putih, bersih, dan tidak berbau. Semua itu akan menambah pesona dari senyum kita. Orang-orang pun jadi betah untuk memperhatikan dan tidak lagi menjaga jarak.

Pertanyaannya, bagaimana sih supaya mendapatkan gigi yang bersih? Berikut tipsnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Cara Rawat Gigi Supaya Sehat dan Bersih

Menggosok dengan benar

Menggosok gigi setidaknya harus dilakukan dua kali sehari. Pastikan benar-benar bersih dan perhatikan cara menyikat supaya menjangkau seluruh celah. Menurut para ahli, aktivitas menggosok yang baik dilakukan selama dua menit. Gunakanlah sikat yang lembut dan tidak terlalu besar.

Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Gunakanlah pasta yang mengandung fluoride agar bisa menyapu sisa makanan secara sempurna. Fluoride mampu mencegah plak agar tidak berkembang. Selain fluoride, kita bisa menggunakan pasta yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Flossing

Memakai sikat saja tidak menjamin kebersihan gigi. Terkadang masih ada sisa makanan yang menyelip. Oleh karena itu, kita perlu melakukan flossing untuk membersihkan sela-sela menggunakan benang khusus.

Menggunakan obat kumur atau mouthwash

Gunakanlah obat kumur yang dapat mematikan kuman. Obat kumur juga bisa membantu mengurangi karang yang membandel.

Gigi yang terawat dengan baik bisa meningkatkan kualitas kesehatan kita. Credit photo: Debongo
Organ mulut yang terawat dengan baik bisa meningkatkan kualitas kesehatan kita. Credit photo: Debongo

Gigi Makin Bersih dengan Bumbu Dapur

Menggunakan baking soda

Baking soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat. Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan seperempat sendok garam. Kemudian tinggal menggunakannya sebagai pasta.

Gosoklah selama dua menit lalu berkumur. Metode ini tidak perlu dilakukan setiap hari. Lakukanlah jika merasa gigi harus dibersihkan lebih ekstra.

Menggunakan kulit jeruk

Caranya yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk pada gigi sebelum tidur. Biarkan semalaman, baru berkumur esok harinya. Cara ini boleh sering dilakukan.

Mengunyah daun sirih

Orang jaman dulu sering melakukan hal ini. Cara seperti ini adalah bagian dari tradisi di Indonesia. Daun sirih berkhasiat untuk membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya bisa dikunyah selembar daun sirih bersama batang cengkeh.

Sumber:
– https://bit.ly/2UAPfIE
– https://bit.ly/2FUUjOX
– https://bit.ly/2uJEC80

Click to comment
To Top