Health

6 Gejala HIV Menurut Acep Gates

gejala hiv menurut Acep Gates

Sayaajarkan – Belum lama ini, kita dibuat kagum dengan keberanian pemuda bernama Acep Gates dalam memberikan edukasi terkait Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang ada di dalam tubuhnya.

Acep Gates sendiri sekarang ini aktif sebagai YouTuber. Ia juga merupakan pendiri For Children Foundation.

Acep menuturkan, sebelum memutuskan untuk melakukan tes HIV, ia sempat merasakan beberapa gejala. Berikut beberapa di antaranya yang pernah ia rasakan.

5 Gejala HIV yang Dirasakan Acep Gates

Gampang capek

Acep menuturkan bahwa sebenarnya dirinya adalah pribadi yang aktif dan suka berolahraga. Tetapi satu bulan sebelum melakukan tes, dia mengaku sering cepat capek. Kegiatan olahraga dan jalan jauh yang sering dia lakukan tiba-tiba membuat kakinya cepat sakit dan ngos-ngosan.

Demam

Gejala kedua yang dialami Acep adalah demam yang tidak biasa. Bukan hanya badan terasa panas dingin, tetapi seluruh tulang dan ototnya kesakitan. Hal ini menyebabkannya tak bisa bangun dari tempat tidur.

Salah satu pesan yang kerap disampaikan Acep Gates melalui edukasinya. Credit photo: Instagram/Acepgates
Salah satu pesan yang kerap disampaikan Acep Gates melalui edukasinya. Credit photo: Instagram/Acepgates

Baca juga:Jangan Jauhi Pengidap HIV/AIDS! Kenali Mitos dan Faktanya

Sakit kepala dan benjolan

Acep mengalami sakit kepala luar biasa selama kurang lebih 3 malam. Dan sakit kepalanya itu sering terjadi di malam hari. Dia juga menyadari bahwa ada pembengkakan di bagian belakang kepalanya yang ternyata menurut dokter itu adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

Berkeringat di malam hari

Acep juga mengalami keringat setiap malam. Bahkan dalam suhu udara yang dingin pun, Acep Gates mengaku mengalami berkeringat.

Ketombe

Gejala kelima yang dialami Acep adalah berketombe. Padahal dia tidak pernah mengalami sebelumnya. Ketombe yang dia alami besar-besar dan sangat membuat gatal.

Menurut dokter, memang orang yang mengalami HIV mudah terserang jamur di bagian tubuh tertentu. Hal ini dikarenakan tubuh tidak cukup antibodi untuk melawan jamur tersebut.

Berat badan turun

Acep mengaku berat badannya turun 4 kg dalam waktu yang relatif singkat. Pria yang mulai aktif menjadi YouTuber sejak November 2018 ini mengaku berat badannya turun dari 61 menjadi 57 Kg. Hal ini membuat orangtuanya merasa curiga dan semakin mendorongnya untuk melakukan tes.

Perlu diketahui, gejala HIV pada setiap orang belum tentu sama. Namun demikian, apa yang dirasakan Acep semoga mampu meningkatkan kesadaran kita untuk mau memeriksakan diri lebih dini. Terlebih setelah melakukan beberapa hal yang memiliki resiko terkena virus ini.

Tetap semangat, ya!

Click to comment
To Top