Health

Inilah Rahasia Kecantikan Perempuan Indonesia Zaman Dulu

Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, dan Acha Septriasa berpenampilan ala wanita zaman dulu di film Kartini. Credit photo: Legacy Pictures/Screenplay Films

Sayaajarkan – Kecantikan perempuan Indonesia di zaman dulu memang tidak bisa terbantahkan, meskipun belum ada kosmetik-kosmetik seperti sekarang ini.

Rahasia dari kecantikan nenek moyang kita hanyalah menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam Indonesia. Seperti dikutip dari Merdeka dan Plimbi, berikut di antara bahan-bahan dari alam yang bisa kita gunakan supaya semakin cantik ala perempuan Indonesia zaman dulu.

Rahasia Kecantikan Perempuan Zaman Dulu

Bengkoang untuk kulit cerah

Kalau perempuan Korea sejak dulu memakai ginseng untuk kecantikan, maka perempuan Indonesia punya bengkoang sebagai andalan mereka. Bengkoang mengandung vitamin B1 dan C yang dapat menjadikan kulit sehat dan lebih cerah.

Manfaatkan kebaikang bengkoang untuk kesehatan kulit wajah. Credit photo: merdeka
Manfaatkan kebaikang bengkoang untuk kesehatan kulit wajah. Credit photo: merdeka

Untuk menggunakanya, kupas bengkoang secukupnya, kemudian parut. Gunakan parutan daging buah bengkoang ini sebagai masker wajah.

Madu murni untuk masalah jerawat di wajah

Khasiat madu diakui di seluruh dunia. Credit photo: Tribun Jogja
Tak hanya oleh perempuan zaman dulu, khasiat madu juga diakui di seluruh dunia. Credit photo: Tribun Jogja

Dalam dunia medis ternyata madu memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Perempuan Indonesia zaman dulu juga telah mengaplikasikan madu murni untuk mengobati jerawat. Selain itu madu juga dapat membuat kulit lebih lembut dan awet muda jika digunakan sebagai masker.

Daun sirih untuk mengobati jerawat di wajah dan badan

Daun sirih memiliki sifat anti-septik dan anti-bakteri yang mampu mengobati gatal dan jerawat baik di wajah maupun badan. Orang Indonesia zaman dulu menggunakannya dengan merebus daun sirih lalu mengoleskan ke badan.

Daun sirih juga baik untuk menjaga kebersihan mulut, lho. Credit photo: Jawapos
Daun sirih juga baik untuk menjaga kebersihan mulut, lho. Credit photo: Jawapos

Urang aring hingga beras

Urang aring untuk rambut hitam berkilau

Daun yang satu ini sudah sejak lama digunakan orang Indonesia untuk kecantikan rambut. Urang-aring berkhasiat menghitamkan rambut dan mencegah uban karena zat pewarna alaminya.

Pakai urang-aring supaya rambut makin sehat. Credit photo: tipsperawatancantik.com
Pakai urang-aring supaya rambut makin sehat. Credit photo: tipsperawatancantik.com

Cara memakainya, siapkan daun urang-aring secukupnya lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan daun yang sudah ditumbuk tadi dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

Santan untuk menutrisi rambut

Selain cocok dijadikan penyedap makanan, santan juga ternyata bisa jadi conditioner rambut. Credit photo: Hellosehat
Selain cocok dijadikan penyedap makanan, santan juga ternyata bisa jadi conditioner rambut. Credit photo: Hellosehat

Santan memiliki banyak nutrisi yang dapat membuat rambut lebih sehat. Perempuan Indonesia zaman dulu menggunakan santan seperti menggunakan conditioner pada masa sekarang. Aplikasikan pada rambut beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Beras membuat wajah tampak bersih

Ada yang pernah mencoba masker beras? Credit photo: Tribun
Masker beras sudah menjadi andalan kecantikan perempuan Indonesia zaman dulu. Credit photo: Tribun

Beras dipercaya mampu membuat wajah lebih sehat dan bersih. Orang Indonesia di beberapa wilayah menggunakannya sebagai bedak dingin. Caranya dengan merendam beras selama 3 malam atau lebih agar lunak. Lalu tiriskan dan jemur hingga kering.

Setelah kering tumbuk hingga halus. Aplikasikan ke wajah dengan cara dicampur sedikit air. Bisa juga dengan air mawar atau air rendaman daun pandan.

Click to comment
To Top