Health

Mengenal Buah Ajaib, Pahlawan bagi Penderita Diabetes

Mengenal khasiat buah ajaib

Sayaajarkan – Eits, buah ajaib enggak cuma ada di anime One Piece, lho. Buah ajaib atau miracle fruit yang berasal dari Ghana, Afrika Barat ini belakangan banyak dicari orang karena khasiatnya.

Buah dengan nama ilmiah Synsepalum dulcificum ini juga sebenarnya hidup di Indonesia namun masih jarang yang menjualnya. Bentuknya lonjong kecil mirip dengan buah jamblang dan berwarna merah.

Mau tahu khasiatnya apa saja? Yuk sini saya ajarkan.

Zat ajaib di buah ajaib

Sesuai dengan namanya, ada zat ajaib di dalam buah ini yang dapat meningkatkan sensitivitas lidah untuk mengecap rasa manis. Zat yang dinamakan miraculin ini merupakan jenis protein yang biasanya ditemukan pada beri-berian. Sehingga makanan yang asam atau pahit dapat dirasa menjadi manis.

Tak heran, bagi kita yang sering kesulitan minum jamu atau obat karena rasanya pahit, buah ini dapat dijadikan campuran supaya rasanya lebih enak.

Tidak usah khawatir karena miracle fuit tidak akan mempengaruhi khasiat dari obat yang kita minum, yang ada kita malah akan semakin lekas sembuh lantaran vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Buah ajaib juga bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sayuran pada anak. Credit photo: Detik

Baik untuk Penderita Diabetes

Tak hanya untuk sekedar membantu minum jamu saja, buah ini juga bisa membantu penderita diabetes dalam menikmati rasa manis meski tak mengandung gula apapun di dalamnya. Miracle fruit juga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani kemoterapi.

Di Afrika barat, buah ini sering digunakan sebagai pemanis alami untuk minuman anggur atau wine yang berasal dari pohon palem.

Membantu peradangan

Enggak cuma buah saja, daunnya juga ternyata ampuh untuk mengobati peradangan. Mengonsumsi miracle fruit sekitar 5-6 perhari juga bisa dijadikan pendingin yang baik bagi tubuh yang sedang terkena radang.

Kalau semisal kita membeli buah ini dalam jumlah yang banyak, tak perlu khawatir mubazir. Kesegaran buah ini bisa bertahan hingga 6 bulan asalkan disimpan di freezer dengan dibungkus plastik Ziploc.

Jadi kapanpun kita ingin memakan dan menikmati khasiatnya, tinggal ambil di kulkas saja.

Ada yang mau coba mengonsumsi?

Sumber:
– https://cintaihidup.com/15-manfaat-buah-ajaib-untuk-keajaiban-tubuh-yang-sehat/
– https://www.infotanamanbuah.com/manfaat/manfaat-buah-miracle-fruit/
– https://kebunbibitbuah.com/miracle-fruit-buah-ajaib.html

Click to comment
To Top