Health

Tips Tetap Bugar dan Sehat saat Puasa

Tips tetap sehat saat puasa. Credit photo: prevention.com

Sayaajarkan – Setelah lama dinanti, bulan suci Ramadhan akhirnya datang kembali. Para umat muslim pun saat ini tengah bersukacita mengerjakan kewajibannya yaitu puasa.

Nah, supaya puasa kita bisa berjalan lancar dan tetap sehat, Sayaajarkan akan membagi tips yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Disimak baik-baik, ya!

Tips Tetap Sehat di Kala Puasa

Sahur di akhir waktu

Makan sahur di akhir waktu merupakan sunah Rasullullah SAW. Hal ini bisa membuat kita lebih kuat untuk berpuasa selama kurang lebih 13 jam ke depan.

Cukupi minum air putih

Terapkan pola minum air putih 2-4-2 saat kita berpuasa. Konsumsilah 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

Kurangi makanan yang digoreng

Cobalah untuk mengurangi makanan yang digoreng terutama saat sahur. Sebab hal ini akan membuat kita cepat haus. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan aliran oksigen ke seluruh tubuh berkurang hingga 20 persen. Akibatnya kita akan mudah mengantuk pada siang hari saat berpuasa

Konsumsi kacang-kacangan

Tambahkan menu kacang-kacangan di dalam menu makan sahur kita. Seporsi kacang-kacangan seperti kacang merah atau buncis mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak tak jenuh yang dapat menjaga stamina tubuh serta dapat mengurangi rasa lapar ketika berpuasa.

Hindari minuman berkafein saat sahur

Hindari minuman berkafein saat sahur seperti kopi atau teh. Karena minuman ini akan membuat kita sering kencing sehingga cairan tubuh cepat berkurang.

Sahur yang baik akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk tetap beraktivitas saat sedang puasa. Credit photo: Shutterstock
Sahur yang baik akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk tetap beraktivitas saat sedang puasa. Credit photo: Shutterstock

Minum segelas susu saat sahur

Minum segelas susu di waktu sahur ternyata memiliki dampak yang baik ketika berpuasa. Susu mengandung nutrisi yang dapat membantu asupan oksigen ke otak sehingga tubuh tidak lemas dan konsentrasi tetap terjaga.

Tidur siang

Untuk kita yang memiliki waktu tidur siang atau ketika libur kerja, manfaatkanlah waktu tersebut untuk mengistirahatkan badan kita. Tidur siang ketika berpuasa bukan hanya menjadi ibadah menurut agama tetapi juga dianjurkan dalam medis, karena akan mengganti waktu tidur kita yang berkurang ketika malamnya.

Berbuka dengan buah

Masih banyak orang yang melakukan buka puasa langsung dengan hidangan besar. Padahal, baik dari segi agama maupun medis hal ini tidak dianjurkan. Sebab pencernaan di dalam tubuh kita akan kaget setelah kosong selama kurang lebih 13 jam.

Cara yang paling tepat adalah minum air putih terlebih dahulu kemudian dilanjut beberapa butir kurma atau buah. Kita makan besar setelah shalat maghrib atau lebih baik lagi setelah shalat tarawih.

Sumber:
– https://www.youtube.com/watch?v=xyXoC1KACRA
– https://www.cermati.com/artikel/tips-menjaga-stamina-tubuh-saat-berpuasa
– https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/17/190000820/5-tips-agar-tetap-bugar-dan-kuat-selama-berpuasa

Click to comment
To Top