Health

Berpuasa Sambil Diet? Begini Tipsnya Supaya Tidak Tambah Gemuk!

Menghindari makanan penyebab gemuk saat Berpuasa. Credit photo: upi.com

Sayaajarkan – Berpuasa di bulan Ramadan selain sebagai kewajiban ibadah umat Muslim, juga bukan rahasia lagi memberikan manfaat kesehatan yang berlimpah bagi tubuh kita.

Selama sebulan, selain membersihkan jiwa dan pikiran dengan menahan hawa nafsu, tubuh juga dibersihkan dari racun-racun yang selama ini menumpuk alias detoksifikasi.

Tidak hanya itu, banyak yang juga menjadikan puasa bulan Ramadan sekalian sebagai ajang berdiet untuk menurunkan berat badan. Namun karena caranya yang salah, bukannya langsing, setelah sebulan kita justru jadi gemuk karena berat badan yang bertambah.

Oleh karenanya, jangan kalap saat berbuka puasa saking laparnya. Tetap tahan nafsu dengan makan dan minum secukupnya.

Tips Berpuasa sambil Diet

Nah, buat yang sedang menjalani program diet atau memanfaatkan bulan puasa untuk menguruskan badan, supaya berat badan tetap terkontrol, berikut tipsnya berbuka puasa, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Hindari gula

Biasanya sebelum makan besar, kita akan mulai berbuka puasa dengan yang manis-manis. Dari kolak pisang, sirup, es buah, dan berbagai hidangan takjil lainnya. Mengonsumsi makanan dan minuman manis memang kerap dianjurkan karena gula merupakan sumber tenaga setelah tubuh lemas seharian.

Tapi bagi yang sedang berdiet, lebih baik tidak melakukannya secara berlebihan. Meski gula adalah sumber energi, gula juga membuat gemuk. Pasalnya saat berpuasa, produksi insulin dalam tubuh akan berkurang. Insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi. Karena insulin berkurang, maka gula hanya akan menumpuk menjadi lemak.

Pintarlah dalam mengisi perut supaya berat badan bisa terkendali. Credit photo: Body and Soul
Pintarlah dalam mengisi perut supaya berat badan bisa terkendali. Credit photo: Body and Soul

Hindari gorengan

Setelah seharian menahan lapar, melihat berbagai jenis gorengan memang seperti kucing melihat ikan. Tahu isi, bakwan, risoles, pisang goreng, hmmm…

Tapi hati-hati loh, jangan berlebihan. Soalnya, gorengan mengandung banyak lemak jenuh. Selain bikin gemuk, lemak jenuh juga bisa memicu kolesterol jahat. Jadi, daripada mengonsumsi gorengan, alangkah baiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Perbanyak protein dan serat

Makanan yang kaya protein dan serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu kita jadi tidak kalap saat berbuka puasa.Banyak pilihan makanan kaya serat dan protein. Mungkin bisa dicoba oatmeal, apel, alpukat, sayuran hijau, kedelai, telur hingga salmon.

Banyak minum air putih

Last but not least, jangan lupa minum air putih. Segera meminum air putih saat berbuka puasa mutlak diperlukan untuk menggantikan cairan tubuh yang habis saat seharian menahan lapar dan haus. Lebih baik perbanyak minum air putih ketimbang sirup atau minuman manis-manis lainnya.

Semoga diet dan puasanya sama-sama lancar, ya!

Referensi:
– https://doktersehat.com/cara-diet-saat-puasa/
– http://bangka.tribunnews.com/2019/05/06/ini-alternatif-makanan-kaya-serat-dan-protein-untuk-menu-sahur-kenyang-lebih-lama-saat-puasa?page=all


Click to comment
To Top