Health

Bau Mulut Saat Puasa: 5 Tips Mengatasinya!

Atasi bau mulut saat puasa. Credit photo: shape.com

Sayaajarkan – Bau mulut lumrah terjadi ketika kita berpuasa. Akibatnya, kita mungkin akan merasa tidak nyaman saat saling berinteraksi. Padahal sebenarnya berpuasa tidak harus menjadikan mulut kita bau lho.

Napas kurang sedap bisa dihilangkan atau setidaknya diminimalisir dengan berbagai cara. Dirangkum dari berbagai sumber, sini saya ajarkan caranya! Puasa lancar, mengobrol pun lancar. Tapi jangan bergosip, ya!

Tips Atasi Bau Mulut saat Puasa

Banyak minum air putih

Tidak minum seharian menyebabkan mulut kering. Air liur berfungsi untuk menetralisir yang dihasilkan plak. Air liur juga bisa menghilangkan sel-sel mati pada lidah, gusi dan pipi. Sel-sel mati ini bisa menyebabkan napas kurang sedap bila dibiarkan.

Jadi supaya tidak terlalu kekurangan cairan saat berpuasa, banyak minum air saat sahur bisa membantu mengatasinya. Tapi jangan berlebihan, ya!

Hindari menu makan sahur beraroma tajam

Menu makan sahur juga berperan besar dalam menimbulkan napas kurang sedap ketika berpuasa. Makanan yang sudah dicerna akan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, termasuk ke paru-paru. Jika menu makan sahur kita beraroma menyengat, maka napas akan menjadi tak sedap.

Gosok gigi yang bersih

Mulut tidak bersih saat tidak berpuasa saja bisa menyebabkan napas kurang sedap, apalagi ketika berpuasa. Oleh karenanya, setelah makan sahur kita harus rajin menggosok gigi.

Tak hanya itu, pastikan tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela gigi. Gunakan benang gigi dan obat kumur mulut supaya nafas segar, dan jangan lupa bersihkan lidah kita menggunakan alat khusus.

Gosok gigi saja tidak cukup lho. Ikuti tips lainnya supaya bau mulut lenyap meski sedang berpuasa. Credit photo: startsat60.com
Gosok gigi saja tidak cukup lho. Ikuti tips lainnya supaya bau mulut lenyap meski sedang berpuasa. Credit photo: startsat60.com

Jangan merokok

Para perokok mungkin tidak akan mampu melewatkan sahur tanpa menghisap asap tembakau sama sekali. Tapi alangkah baiknya untuk tidak merokok saat sahur. Pasalnya, merokok bisa meningkatkan risiko masalah gusi yang tentu saja bisa menyebabkan napas kurang sedap.

Konsumsi yogurt

Yogurt bisa meredam penyebaran mikroba, termasuk bakteri jahat yang terdapat di mulut. Mengonsumsi yogurt saat sahur juga aman. Berbeda dengan jeruk, yogurt tidak memicu asam lambung.

Bagaimana? Punya tips lain untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa? Share ke kami, dong!

Referensi:
– http://sayaajarkan.com/health/food/2018/05/26/bau-mulut-saat-puasa-yogurt-91407/
– https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/tips-mencegah-bau-mulut-saat-berpuasa/

Click to comment
To Top