Food

TAHUKAH KAMU: Penemu Big Mac?

Sayaajarkan – Berkunjung ke McDonald’s tanpa membeli Big Mac rasanya akan sedikit aneh. Burger berukuran jumbo serta saus khasnya ini mampu membuat lapar siapa saja yang melihatnya.

Nah, tahukah kamu? Siapa sosok berjasa di balik menu hebat itu? Mari kita berkenalan dengan Michael James Delligati selaku penciptanya.

Michael James Delligatti - Penemu Big Mac

Mari kita berkenalan dengan Michael James Delligati selaku pencipta Big Mac. Credit Photo: McDonalds.

Michael James Delligatti lahir di Uniontown, Pennsylvania, pada tanggal 2 Agustus 1918, Ayahnya bernama James Delligatti, sementara Ibunya bernama Lucille Dandrea. Karier Delligatti dimulai setelah lulus dari Fairmont Senior High School. Ia sempat bekerja serabutan sebelum akhirnya masuk ke angkatan udara pada 1942.

Delligatti terjun ke industri restoran ketika bekerja di drive-in dan mengelola Big Boy setelah Perang Dunia II, dirinya memiliki restoran drive-through di Newport Beach, California. Delligatti bertemu Ray Kroc di sebuah restoran di Chicago pada tahun 1955, ia memutuskan untuk memulai sebagai franchisee McDonald’s pada tahun 1957.

Gerai miliknya berbasis di Uniontown, Pennsylvania, sekitar 40 mil (64 km) selatan Pittsburgh. Gerai ini menjadikannya sebagai orang pertama yang memiliki McDonald’s di Pennsylvania barat, kepemilikannya kemudian tumbuh menjadi 48 gerai dalam kurun waktu 25 tahun.

Michael James Delligatti - Penemu Big Mac

Delligatti memikirkan konsep Big Mac pada tahun 1965 dan mulai menjualnyanya di McDonald Uniontown-nya pada bulan April 1967. Credit Photo: www.latimes.com

Delligatti juga dikenal sebagai penemu/pencipta Big Mac. dirinya memikirkan konsepnya pada tahun 1965 dan mulai menjualnya di McDonald Uniontown-nya pada bulan April 1967 seharga 45 sen.

Pada tahun 1968, Big Mac resmi ada di menu setiap McDonald’s Amerika, dan pada tahun 1969, menu itu menyumbang 19% dari total penjualan. Delligatti juga termasuk orang pertama yang menyajikan menu sarapan pagi di McDonald’s.

Bukan perkara mudah untuk Delligatti memasukkan Big Mac dalam Menu Mc Donald’s. Ia harus merayu perusahaan induk agar produk tersebut diluncurkan untuk bersaing dengan burger raksasa Big Boy dan Whooper, menu andalan Burger King.

Awalnya usulannya ditolak. Para eksekutif itu khawatir harganya terlalu mahal dan akan merusak pasaran burger andalan McDonald’s lainnya. Namun berkat kepiawaiannya ia berhasil meyakinkan para petinggi. Di hari pertama peluncuran Big Mac, penjualan McDonald’s meningkat drastis.

Michael James Delligatti - Penemu Big Mac

Sejak ada Big Mac, penjualan McDonald’s meningkat drastis. Credit Photo: entrepreneur.com

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Pittsburgh, Delligatti mengatakan bahwa dia tidak menerima pembayaran royalti untuk pembuatan Big Mac, namun dia telah menerima sebuah plakat. Delligatti pun tidak pernah bosan dengan ciptaannya, dia memakannya setiap minggu.

Warisan Delligatti ini tidak hanya menjadi produk yang ikonik namun telah menjelma sebuah standar ekonomi. Pada tahun 1986, majalah The Economist memperkenalkan Big Mac Index, yang menunjukkan apakah suatu mata uang dinilai terlalu tinggi atau undervalued berdasarkan biaya Big Mac di satu negara terhadap biaya di lain.

Delligatti turut meluncurkan Ronald McDonald House ketujuh, sebagai pembuka pintu di Pittsburgh pada tahun 1979. Pada ulang tahun Big Mac ke 40 di tahun 2007, Delligatti membuka Big Mac Museum, tempat tinggal “Big Mac terbesar di dunia”, yang tingginya lebih dari 13 kaki (4 meter).

Michael James Delligatti - Penemu Big Mac

McDonald’s telah menjadi bisnis keluarga Delligatti. Dua anaknya dan dua cucunya juga termasuk pemegang waralaba. Credit Photo: Fox6now.com

Delligati sudah menikah sebanyak dua kali; pada pernikahan pertamanya dengan Ann Vunora mereka dikaruniai seorang anak laki-laki, namun sayangnya pernikahan ini harus berakhir dengan perceraian. Sementara dari pernikahan keduanya bersama Ellie, Delligatti dikaruniai seorang putra, lima cucu, dan delapan cicit.

Delligatti wafat pada 28 November 2016 di rumahnya di Fox Chapel, Pennsylvania pada usia 98 tahun. McDonald’s telah menjadi bisnis keluarga Delligatti. Dua anaknya dan dua cucunya juga termasuk pemegang waralaba.

Ya itulah tadi guys sedikit cerita mengenai Delligatti beserta ciptaannya yang enak banget. Ngomong-ngomong, setelah membaca kisahnya, apakah ada yang perutnya bergemuruh? Well, mungkin ini waktunya untuk makan Big Mac.

https://en.wikipedia.org/wiki/Jim_Delligatti
https://www.entrepreneur.com/article/285947
http://global.liputan6.com/read/2666389/pencipta-burger-legendaris-big-mac-tutup-usia

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top