Food

Daging Steak: 6 Tingkat Kematangan yang Perlu Diketahui

Sayaajarkan – Ketika masuk ke dalam restoran dan memesan steak, pelayan biasanya akan bertanya bagaimana kita ingin daging steak disiapkan. Apakah mau Rare, Medium Rare atau Well Done.

Nama-nama tadi merupakan bagian dari STEAK DONENESS atau istilah-istilah yang digunakan dalam dapur di seluruh dunia. Semuanya memiliki tingkat “kematangan” sendiri yang nantinya akan menentukan rasa, tekstur, suhu dan warna dari daging steak itu sendiri.

Nah, biar gak bingung, sebelum makan mari kita cari pelajari semuanya. Sini saya ajarkan.

BLUE RARE

Seperti namanya, Blue Rare Steak dibumbui dan dipanggang di bagian luarnya, tetapi secara keseluruhan dagingnya berwarna merah dan masih mentah. Alhasil, daging steak-nya kenyal dan sulit dikunyah serta tidak berair karena panasnya belum meresap ke dagingnya.

6 Tingkat kematangan Daging Steak

Steak ‘blue rare’ dagingnya kenyal dan sulit dikunyah serta tidak berair karena panasnya belum meresap ke dagingnya. Credit Photo: Quora.com

RARE

Bagi Anda seorang “Karnivora Sejati”, maka jenis steak ini mungkin menjadi favorit Anda. Daging steak dibumbui dan dipanggang, bagian dagingnya 75 % berwarna merah darah dan harus hangat saat disentuh. Bagian luarnya berwarna kecoklatan.

MEDIUM RARE

Daging steak di tengah hangat dengan sedikit warna merah. Dan keseluruhan tampilan daging seperti berwarna merah muda. Di bagian sisinya berwarna kecoklatan, sementara sisi atas dan bawah berwarna karamel ke coklat tua yang menandakan telah dipanggang dengan baik. Istilahnya setengah matang. Inilah tingkat kematangan steak yang disarankan oleh para ahli, chef atau pun penikmat steak seluruh dunia. Karena Anda akan mendapatkan cita rasa yang sesungguhnya dari daging.

6 Tingkat kematangan Daging Steak

Tingkat “kematangan” sendiri yang nantinya akan menentukan rasa, tekstur, suhu dan warna steak Anda. Credit Photo: www.seriouseats.com

MEDIUM

Steak ini berwarna merah muda menuju kecoklatan pada bagian tengahnya. Sisi-sisinya berwarnya coklat lembut dan sisi di bagian atas dan bawah agak hangus (tetapi tidak hitam). Dagingnya akan memiliki tekstur yang lebih keras dan kurang berminyak di tengahnya.

MEDIUM WELL

Steak jenis ini sudah dipanggang seluruh dagingnya dengan hanya sedikit sentuhan atau warna merah muda di dalam yang nyaris tidak kelihatan. Dagingnya agak keras tapi masih lembut di bagian tengah, memberikan sensasi yang tepat. Dan bagi kebanyakan orang Indonesia, rasanya lebih cocok di lidah.

WELL DONE

Mungkin bagi sebagian orang, well done steak adalah sebuah pemborosan bagi sepotong daging sapi berkualitas baik. Tetapi sebagian menyukainya karena bagian dalamnya renyah dan matang, serta bertekstur kasar. Tipe steak ini juga yang paling sulit dibuat.

6 Tingkat kematangan Daging Steak

Banyak orang menyukai ‘well done’ karena bagian dalamnya renyah dan matang, serta bertekstur kasar. Credit Photo: Daily Mail

Nah, setelah mengetahui istilahnya, Anda pun bisa lebih percaya diri dalam memesan jenis steak favorit Anda. Maknyus!!

Click to comment
To Top