Food

Tips Menyimpan Ikan Agar Tahan Lama

Tips menyimpan ikan. Credit Photo: www.ktk985.com

Sayaajarkan – Suka makan ikan, dong? Ikan makanan bergizi yang banyak mengandung protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral. Mengonsumsinya dapat menurunkan risiko kanker, mencegah darah tinggi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan Omega 3 nya juga mampu mengobati depresi.

Namun, tahukah kamu kalau lauk favorit kamu itu adalah salah satu bahan makanan yang paling mudah rusak dan jadi tak layak konsumsi? Pada iklim tropis seperti di negeri kita, ikan hanya tahan enam jam bila tak ditangani dengan baik. Setelah itu ia akan mengalami pembusukan dan tak layak dikonsumsi.

Sayang kan, mengingat kandungan proteinnya yang mencapai 20 persen dan zat omega-3 S yang berisi kolesterol baik (HDL) yang berguna bagi tubuh kita. Mengamankannya di kulkas pun tidak bisa menjamin karena hanya akan bertahan selama dua hari saja.

Tips menyimpan ikan. Credit Photo: www.3thanwong.com

Meski tanpa kulkas, bahan makanan ini tidak akan mudah rusak bila disimpan dengan cara yang tepat. Credit Photo: www.3thanwong.com

Agar lebih tahan lama, maka perlu diketahui apa penyebab utama ikan mudah busuk. Sumber pembusukan ada di tiga tempat: insang, isi perut, dan lender pada sisik. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ketiga sumber itu. Buang insang dan isi perut, serta cuci bersih lender yang ada di kulit.

Bila ingin lebih lama menyimpannya, lumuri dengan bumbu yang terdiri dari garam, lada, asam, dan bawang putih secukupnya. Kemudian simpan di kulkas. Tapi, bagaimana bila ternyata kulkas kamu tengah bermasalah?

Jangan khawatir, masih ada cara lain kok. kamu bisa merebus dalam air larutan garam. Ikan sebanyak 1 kilogram cukup direbus dalam air yang diberi garam 50 gram.

Banyaknya air perebusan hingga ikan terendam air. Lamanya merebus berpatokan pada waktu airnya mendidih. Ingat pula, untuk berukuran sedang waktu merebus ditambah 10-15 menit, sedangkan untuk yang besar, rendamlah 20-30 menit dalam air yang sudah mendidih.

Tips menyimpan ikan. Credit Photo: www.freshfishtaupo.co.nz

Selain bergizi, harganya pun relatif terjangkau. Credit Photo: www.freshfishtaupo.co.nz

Nah, itu tadi tips menyimpan ikan supaya lebih tahan lama. Semoga acara masak-memasaknya berjalan lancar ya. Jangan lupa beritahu kami jika kalian punya-punya tips lain terkait ikan.**

Sumber:
– Buku Yok Makan Enak di Jabodetabek, Penerbit Intisari, 2006.
– https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/mengenal-pola-makan-pescatarian

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top