Food

TAHUKAH KAMU: Makanan Pedas Menyehatkan

Khasiat makan pedas. Credit Photo: BBC

Sayaajarkan – Kamu suka makanan pedas? Selain sensasinya yang bikin makan makin seru, ternyata cabai dan makanan lain yang bikin kamu kepedesan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan lho.

Tahukah kamu apa saja khasiatnya? Sini saya kasih tahu.

Anti kanker

Banyak penelitian membuktikan, makan pedas secara teratur dapat mengurangi resiko terkena kanker. Kandungan dalam cabai yaitu Capcaisin dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat di tubuh kita.

Menurunkan berat

Capcaisin dalam cabai menyebabkan metabolisme lebih cepat dan membantu membakar kalori dengan baik. Karena Capcaisin ini mengangkat temperatur tubuh kita. Biasanya mereka yang kepedesan juga makan lebih sedikit. Sehingga bisa mengontrol lapar beserta nafsu makannya.

Khasiat makan pedas.

Secara tidak langsung makan makanan pedas juga akan membuatmu banyak meminum air. Credit Photo: Delish,com

Menyehatkan jantung

Cabai juga mencegah pembekuan darah. Capcaisin efektif melawan inflamasi salah satu penyebab resiko jantung.

Membantu mood

Ini sangat efektif pada wanita apalagi. Kepedesan bisa membuat mood kita naik. Karena seru saat makan. Ternyata mempengaruhi hormon endorfin dan serotonin yang berpengaruh menghilangkan nyeri dan memberi rasa nyaman. Jadi buat yang lagi galau dan stress, makan pedas adalah obat yang cukup mujarab.

Menghilangkan gejala flu

Kalau virus flu lagi menyerang, biasanya paling enak dilawan dengan makan mie instant ekstra cabe rawit, karena sensasi pedasnya membuat hidung nggak tersumbat lagi. Memang ternyata sejak dulu cabai adalah obat radang dan gejala flu. Capcaisin-nya dapat membantu mengeluarkan keringat dan melancarkan pernafasan. Bagi penderita sinusitis juga bisa.

Tidur lebih nyenyak

Bagi mereka penyuka makanan pedas juga disinyalir bisa tidur lebih nyenyak dan bangun lebih pagi plus lebih segar dibandingkan dengan mereka yang nggak suka makanan pedas.

Khasiat makan pedas.

Ingat, meski banyak khasiatnya, makan pedas berlebihan juga tidak baik lho. Credit Photo: Testshock.com

Tapi jangan kelewat batas

Banyak ya manfaat sehatnya? Setelah membaca info ini bukan berarti kamu bebas mengkonsumsi makanan pedasnya tanpa batas.

Ingat efeknya beragam jangan sampai berlebihan, karena apabila terlalu pedas bisa membuat asam lambung meningkat dan menyebabkan maag. Most of all pilih bahan alami bukan buatan ya. Lebih baik membuat sambal mentah dari cabai asli daripada sambal kemasan ataupun sambal bubuk. karena takut terkontaminasi bahan-bahan kimia. Stay fun and healthy semuanya.

Click to comment
To Top