Food

Sayuran dan Buah: 10 Tips Ajari Balita Mengenal Sayur

Makan sayuran. Credit Photo: Shutter Stock

Sayaajarkan – Kamu orangtua yang masih punya anak usia balita? Hm, apa si kecil selalu menolak makan sayuran dan buah-buahan? Jangan dulu frustasi, banyak sekali cara untuk merayu buah hati kamu menikmati menu makannya setiap hari.
 
Jadi jangan terburu-buru menyerah dan cobalah beberapa trik yang sangat mudah, menyenangkan dan dalam sekejap jangan heran bila buah hati kamu mulai ketagihan buah-buahan dan sayuran.

Mau tahu triknya? Sini saya ajarkan.

Cobalah trik gigitan “No, thank you”

Trik pertama ini, kamu harus merayu buah hati kamu untuk merasakan sayur atau buah cukup satu gigitan saja. Kalau dia tidak suka, izinkan dia untuk menolaknya dan mengatakan “No, thank you”. Buatlah ia merasakan semua jenis sayuran dan buah-buahan sebagai pengenalan untuknya.

Terus tawarkan

Jangan berhenti di usaha pertama. Biasanya dia akan mulai terbiasa dengan rasa sayur dan buah-buahan saat sudah mencobanya delapan hingga 15 kali.

Makan sayuran.

Mengenalkan sayuran sejak dini adalah ide yang baik. Credit Photo: producebusinessuk.com

Bekukan

Alih-alih terus memberikan dalan keadaan dimasak, sayuran yang dibekukan akan lebih sehat dan tidak basah. Rasanya pun terasa lebih enak dibanding yang dimasak.

Buatkan Sup

Bila buah hati kamu lebih terbiasa makan sayur dalam bentuk sup dan berkuah, maka teruskanlah berikan dalam bentuk tersebut. Beberapa anak memang lebih menikmati makanan berkuah terlebih buatan ibunya sendiri di rumah.

Selain ini dapat menghemat pengeluaran, kamu juga bisa menjamin takaran gizi dan keamanan masakan tersebut dari bahan-bahan campuran berbahaya.

“Bersihkan” rumah

Bersih di sini bukan berarti tidak ada kotoran, tapi usahakan rumah kamu bersih dari makanan cepat saji atau kudapan yang tidak sehat. Selalu sediakan sayuran dan buah-buahan segar dalam kulkas. Si kecil nantinya akan terbiasa dengan makanan yang sehat dan juga sayuran dan buah-buahan yang ada di rumah.

Jadilah teladan

Kamu tidak bisa meminta si kecil terus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang sehat sedangkan diri sendiri asyik dengan makanan yang tinggi lemak dan makanan cepat saji. Jadilah teladan bagi si kecil.

Makan sayuran.

Supaya si kecil semakin doyan makan sayur, kamu juga harus jadi teladan dalam memakan sayuran dan buah-buahan. Credit Photo: The Telegraph

Jus buah dan sayur

Buatlah sayuran dan buah-buahan dalam bentuk jus. Ini merupakan cara yang sederhana dan menyehatkan. Nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut akan mencukupi kebutuhan si kecil dalam masa pertumbuhan.

Jaga perkataan Anda!

Jangan pernah menyebut si kecil tidak suka akan sesuatu, hal ini dapat mensugesti dirinya untuk tidak menyukai hal tersebut. Akhirnya si kecil akan menjadi anak yang pemilih dan akan terus tidak menyukai hal tersebut.

Buatkanlah saus

Cara penyajian seperti salad juga sangat efektif, si kecil akan dibantu dengan rasa saus tersebut. Kamu bisa mencampur sayuran dengan saus salad atau buah-buahan dengan yogurt. Jadi si kecil tidak harus merasakan langsung sayuran tersebut, tapi bisa dibantu berbagai varian yogurt atau saus salad buatan kamu.

Lakukan sedikit trik licik

Bila cara di atas tidak berhasil, lakukan trik pemungkas ini. Sembunyikan sayuran dan buah-buahan dalam makanan lain. Jadi, kamu cukup mencampurkannya dengan makanan yang si kecil sukai, dengan begitu dia tidak akan tahu kalau makanan tersebut sudah tercampur.

dari Berbagai sumber

Click to comment
To Top