Food

Vegetarian: Tips Berhenti Makan Daging

vegetarian. Credit Photo: freetipsloseweight.com

Sayaajarkan – Banyak orang belakangan memilih untuk menjadi vegetarian. Mereka percaya kalau berhenti mengonsumsi produk hewani akan membuat mereka lebih sehat.

Beberapa keuntungan berhenti memakan produk hewani adalah turunnya kolesterol jahat dan meningkatnya kolesterol baik. Gaya hidup ini juga diyakini bisa menurunkan resiko terkena kanker dan terhindar dari racun hewani.

Vegetarian sendiri terdiri dari tiga kelompok, yakni:

Lacto Ovo

Lacto Ovo adalah kelompok yang tidak memakan daging namun masih mengonsumsi telur dan susu.

Lacto

Mirip dengan Lacto Ovo, kelompok Lacto juga masih mengonsumsi telur, namun mereka menghindari produk-produk dari susu.

Vegan

Vegan adalah kelompok yang hanya memakan sayuran dan buah saja. Mereka menghindari produk hewani, termasuk susu dan telur.

vegetarian.

Sebagai pemula, kamu bisa mencoba dulu gaya hidup Lacto Ovo atau Lacto. Credit Photo: Empty Net Sports

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjadi vegetarian, ada beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk memulainya. Sini saya ajarkan.

Niat

Hal pertama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang vegetarian adalah niat. Cobalah perdalam pengetahuan kamu mengenai keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan, lalu pastikan alasan mengapa kita tertarik untuk menjadi salah satu dari mereka.

Buatlah rencana makan dalam satu hari

Banyak orang yang merasa bingung mau makan apa ketika mencoba gaya hidup ini. Untuk menyikapinya, buatlah rencana makan untuk makan pagi, siang, dan malam.

Catatlah restoran atau tempat makan yang menyediakan makanan non-hewani favorit kamu, seperti warung gado-gado dan sebagainya. Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari teman mengenai tempat makan non-hewani yang murah dan enak di sekitar tempat tinggal kamu.

Belajar masak sendiri.

Kalau kamu kesulitan untuk menemukan restoran non-hewani yang enak, masak sendiri rasanya bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain memasak menu-menu bergizi dan lezat seperti sayur bayam, sayur daun ketela, dan lain sebagainya, kamu juga bisa mempelajari membuat menu-menu unik yang resepnya belakangan banyak beredar di Internet.

Kalau varian menu yang kamu kuasai sudah banyak, makan sehat pun jadi terasa menyenangkan. Ingat, jangan asal makan ya, pilihlah jenis sayuran yang bisa menggantikan gizi-gizi yang ada di dalam produk hewani agar kondisi tubuh kamu tetap sehat.

Vegetarian.

Mau jadi vegetarian atau tidak, selalu pastikan kebutuhan gizi kamu terpenuhi dengan baik ya. Credit Photo: skinnyms.com

Bergabung dengan komunitas

Tips terakhir, cobalah untuk menghubungi komunitas vegetarian terdekat yang ada di dalam lingkungan kamu, atau ikut forum terpercaya di internet.

Dengan hal ini, kamu bisa saling sharing tentang pengalaman yang kamu rasakan selama menjadi vegetarian. Perasaan tidak sendiri juga akan membuat niatmu semakin kuat untuk mejauhi produk hewani.

Selamat mencoba ya. Jangan lupa cerita ke kami mengenai pengalaman dan tips-tips seru dari kamu sebagai vegetarian.

Sumber:
https://manfaat.coid/manfaat-vegetarian
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/16/110301720/5-tips-diet-vegan-untuk-pemula

Click to comment
To Top