Food

Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau Untuk Dimakan

Sayaajarkan – Daging kambing termasuk salah satu daging yang lezat untuk dikonsumsi. Bisa dijadikan daging steak, sop, gulai, sate, dan masih banyak santapan kambing lainnya yang gak kalah enak. Tapi banyak juga lho orang yang ga suka makan kambing karena bau “prengus” yang sangat menyengat. Bahkan sebagian orang yang suka makan kambing juga bisa kehilangan selera jika bau kambingnya masih terlalu menyengat.

Lantas, gampang gak sih untuk menghilangkan bau “prengus” ini?

Disadur dari Kompas.com, berikut adalah tips agar daging kambing tidak bau “prengus”. Yuk sini saya ajarkan:

daging kambing

Infografis: Tips agar daging kambing tidak bau prengus. Credit Photo: Kompas.com

Pilihlah Salah Satu Tips Ini Untuk Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Hindari Mencuci Daging

Hal umum namun sering salah dilakukan oleh kita adalah mencuci daging. Wajar sih, kadang kita kan mau membersihkan dari darah atau mungkin debu/kotoran yang mungkin menempel di daging kambing. Tapi tahukah kalian bahwa dengan mencuci, bau ‘prengus’ ini akan semakin kuat. Bakteri dari airpun akan sangat mudah menempel di daging!

Jika memang terlanjur mencuci dagingnya, akali dengan merebus daging bersama bumbu-bumbu yang mengeluarkan bau harum seperti jahe, serai, kemangi, dan daun jeruk. Bahan-bahan ini akan sangat membantu menghilangkan bau prengus dari daging.

Rendam Daging di Parutan Nanas

Nanas sudah terbukti sebagai bahan alami yang mampu membuat daging menjadi lebih empuk. Enzim yang ada dalam nanas, bromelain, mencerna protein yang ada dalam daging membuatnya menjadi empuk. Nah ternyata, dengan cara ini pula bau prengus yang ada dalam daging juga akan hilang.

Caranya mudah sekali. Kita pilih nanas muda, kupas kulitnya, lalu parut nanasnya. Rendam daging kambing yang sudah dipotong-potong ke dalam parutan nanas ini selama 10-30 menit. Bagi yang khawatir rasa nanasnya akan ikut tercampur dengan rasa daging, tenang saja itu tidak akan terjadi. Bersihkan nanas yang ada pada daging dan masak saja seperti biasa.

Bungkus Daging Dengan Daun Pepaya

Tips yang satu ini mungkin cukup umum diketahui oleh kita. Sama seperti nanas, kita sering kali tahu membungkus daun pepaya adalah untuk membuat daging empuk. Ternyata dengan cara ini, bau prengus daging kambing bisa hilang juga!

Tips Efektif Lainnya Untuk Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Buang Lemaknya

Bau prengus yang muncul dari daging itu datang dari lemak kambing. Untuk menghilangkan baunya, kita hilangkan saja lemaknya. Caranya mudah kok, lemak di daging itu warnanya putih, jadi potong saja bagian putih tersebut. Untuk mempermudah, masukan daging ke dalam freezer sebelum menguliti lemak.

daging kambing

Lemak menjadi sumber bau prengus dalam daging kambing. Credit Photo: seriouseats.com

Air Perasan Jeruk Nipis

Perasan Air jeruk nipis juga salah satu bahan yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau prengus. Caranya siram perasan air jeruk nipis ke permukaan daging hingga rata. Diamkan hingga 20-30 menit sampai air jeruk nipisnya meresap kedalam daging.

Taburi Daging dengan Garam

Tips terakhir adalah dengan menggunakan garam. Taburi garam ke daging kambing tapi jangan langsung dimasak ya guys. Tunggu hingga 60 menit baru nanti daging kita olah.

Nah, jika kalian ada tips lain untuk mengurangi dan menghilangkan bau prengus daging kambing. kabarin yaa.

Source: kompas.com

Click to comment
To Top