Food

Ginseng: Rahasia Kecantikan Kulit Wanita Korea

Ginseng untuk kecantikan kulit

Sayaajarkan – Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita ketika mendengar wanita Negeri Ginseng? Kulit mereka yang bagus bisa jadi akan muncul sebagai jawaban teratas.

Saking mempesonanya, banyak masyarakat Indonesia yang kini berkiblat ke Korea Selatan untuk urusan skincare.

Sesuai dengan namanya, ginseng telah menjadi rahasia kesehatan dan kecantikan di Korea Selatan. Kualitas terna ini di sana sangat bagus, sehingga Korea Selatan mendapat julukan Negeri Ginseng.

Ginseng banyak tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Tanaman dengan nama latin panax ini memiliki segudang manfaat. Mulai dari menambah energi, mengatasi iritasi dan membuat jantung lebih sehat.

Jang Na Ra, salah satu aktris Korea Selatan yang kecantikannya memuat banyak orang jatuh hati. Credit photo: Dreamers.id

Kandungan Ginseng untuk Kulit

Ginseng mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Nutrisi tersebut berperan meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit dermis sehingga wajah akan terasa lebih kencang.

Jika digunakan sebagai masker, kandungan seperti antioksidan, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat menghilangkan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga wajah bersih dan terlihat lebih cerah.

Seperti dikutip dari doktersehat, tanaman ini juga memiliki senyawa saponin yang berperan untuk menghambat penuaan dini dan mengecilkan pori-pori.

Tak heran, mengonsumsi teh yang dicampur dengan ginseng setiap hari akan memberi manfaat luar biasa bagi kulit kita.

Baik Diminum ketika Stres

Seperti yang kita tahu, tingkat stres berperan mempengaruhi kondisi kulit. Ketika stres, peredaran darah dan nutrisi ke kulit kita bisa terganggu. Sistem kekebalan tubuh pun bisa menurun sehingga kulit terlihat tidak bercahaya dan bahkan muncul jerawat.

Karena itu, ketika sedang stres tak ada salahnya mengonsumsi tanaman ajaib ini. Ginseng mengandung adaptogen yang bisa meningkatkan toleransi tubuh terhadap stres.

Ginseng untuk kecantikan kulit
Selain baik dikonsumsi, ginseng juga bagus untuk dijadikan masker wajah. Credit photo: Healthline.com

Cara Membuat Masker

Membuat masker wajah dari ginseng cukup mudah, apalagi jika kita langsung beli yang sudah menjadi bubuk, sehingga tidak perlu menghaluskannya.

Campurkan bubuk tadi dengan sedikit air, bisa juga ditambahkan dengan madu, putih telur, atau yogurt. Gampang sekali bukan.

Nah, untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih muda dan cerah ala wanita Korea, kita bisa menggunakannya seminggu 2-3 kali. Selamat mencoba.

Click to comment
To Top