Food

6 Makanan Tinggi Antioksidan yang Wajib Kamu Tahu!

Makanan tinggi antioksidan. Credit photo: unlockfood.ca

Sayaajarkan – Tahukah kamu? Mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dapat membuat kita awet muda. Penelitian membuktikan kalau zat ini mampu menangkal radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh kita.

Nah, setelah kita kemarin sempat belajar mengenai antioksidan dan radikal bebas, Berikut 6 makanan yang mengandung zat ini dalam kadar tinggi berdasarkan analisis FRAP. Apakah makanan favorit kita salah satunya?

Daftar Makanan Tinggi Antioksidan

Cokelat hitam

Selain enak ternyata cokelat hitam termasuk makanan yang paling tinggi antioksidannya. Cokelat hitam mengandung 15 mmol per 100 gram. Selain itu, hasil studi juga menunjukkan bahwa cokelat hitam mengurangi resiko penyakit jantung.

Namun demikian, memakan cokelat hitam terlalu banyak tidaklah dianjurkan. Konsumsilah secukupnya saja.

Blueberry

Menurut analisis FRAP, blueberry memiliki antioksidannya hingga 9,2 mmol 100 gram. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa blueberry mengandung jumlah tertinggi di antara semua buah dan sayuran. Mengonsumsi blueberry dapat menunda penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia.

Stroberi

Stroberi cukup mudah ditemukan di Indonesia dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan analisis FRAP, buah ini menyediakan antioksidan hingga 5,4 mmol per 100 gram. Anthocyanin yang terkandung dalam buah stroberi pun dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Makanan sehat tidak selalu berarti tidak enak, lho. Credit photo: yogajournal.com
Makanan sehat tidak selalu berarti tidak enak, lho. Credit photo: yogajournal.com

Kubis merah

Selain tinggi antioksidan, ternyata kubis merah atau kol ungu kaya akan vitamin C, K dan A. Menurut analisis FRAP, kubis merah menyediakan zat tersebut hingga 2,2 mmol per 100 gram. Itu 4 kali lebih banyak dari kubis matang biasa.

Kacang

Selain mudah didapat, ternyata kacang juga merupakan salah satu sumber antioksidan sayuran terbaik. Analisis FRAP menemukan bahwa buncis hijau mengandung hingga 2 mmol per 100 gram. Selain itu, beberapa kacang seperti kacang pinto mengandung antioksidan tertentu yang disebut kaempferol. Zat ini memberi manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan kronis dan menekan pertumbuhan kanker.

Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran paling bergizi karena sarat vitamin, mineral, antioksidan, dan rendah kalori. Bayam menyediakan hingga 0,9 mmol per 100 gram-nya.

Nah, bagaimana? Semoga bisa jadi referensi, ya. Mari hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan penuh gizi.

McD

Click to comment
To Top