Food

Memek Sebuah Warisan Budaya Tak benda. Ada Apa Ini?

Shock Memek

Sayaajarkan – Trendingnya memek di dunia maya otomatis banyak membuat netizen negara +62 bertanya-tanya. Pasalnya kata ini memiliki konotasi negatif, yaitu alat kelamin wanita.

Namun setelah sayaajarkan.com telusuri, ternyata memek yang menjadi trending adalah Kuliner khas Simeulue, Aceh. Makanan mirip bubur ini dibuat dari beras dan pisang.  Makanan yang satu ini baru ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2019 loh. Pantes aja trending!

Keputusan ini dilakukan pada sidang penetapan karya budaya yang digelar di Hotel Millennium Jakarta pada 13 hingga 16 Agustus 2019.

“Untuk Aceh, ada empat karya budaya yang masuk WBTB, ada Memek dari Simuelue dan Gutel dari Aceh Tengah sebagai domain kemahiran dan kerajinan tradisional.” ungkap Jamaluddin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Memek sendiri berasal dari kata mamemek yang berarti mengunyah-ngunyah atau menggigit. Tetapi kini, masyarakat di Simeulue lebih populer menyebutnya sebagai #memek.

Makanan khas ini memang tidak dapat dijumpai setiap hari di Simeulue karena biasanya disajikan sebagai sajian buka puasa saat Ramadan. Pada momen itu, hampir semua masyarakat membuat dan menyantap masakan ini saat buka puasa.

Nah udah kejawab kan sekarang? Makanya jangan keburu berpikir negatif ya guys. Berikut beberapa kebingungan yang terjadi di dunia maya.

memek makanan khas aceh
Kenapa harus memek? Credit Photo: @dickyaha4 – twitter
memek makanan khas aceh
Si mbanya bingung nih. Credit Photo: @MutiaMut14 – twitter

Ini nih yang buat heboh warga Indonesia 😀

Memek makanan khas Aceh
Memek meraih Warisan Budaya Tak Benda 2019! Credit Photo: bisniswisata.co.id

Click to comment
To Top