Food

TAHUKAH KAMU: Sejarah Permen Mentos

Sayaajarkan – Meskipun sudah tidak pernah nampak iklannya di layar kaca, Permen Mentos saat ini kembali populer sebagai campuran Coca-Cola karena kemampuannya bereaksi dan menciptakan “ledakan” soda. Tapi tahukah kamu, bahwa permen yang pada bungkusnya memiliki keterangan kandungan gula, tepung sirup glukosa, hydrogenated coconut oil, tepung beras, gum arabic, sucrose esters of fatty acides, gellan gum, perisa alami ini telah memiliki kisah panjang hingga akhirnya dapat dinikmati oleh kita di Indonesia.

Dikutip dari halaman resmi mentos.id. Perjalanan permen Mentos berawal dari Izaak van Melle yang megubah toko roti milik ayahnya menjadi pabrik confectionery kecil tahun 1900. Di Breskens, Belanda. Izaak Van Melle memulai usahanya. Resep permen Mentos sendiri pertama kali ditemukan pada 1932 oleh dua bersaudara Pierre dan Michael van Melle yang meupakan anak laki-laki Izaak ketika dalam perjalanan kereta ke Polandia.

Meskipun sempat mengalami kehancuran pabrik akibat perang dunia dan harus memindahkan pabriknya ke Rotterdam, namun Mentos mendapat respon positif dari berbagai negara di Eropa dan membuat perusahaan van Melle dapat bertumbuh dengan pesat.

Pada tahun 1960 mentos mulai dijual dalam bentuk roll seperti yang umumnya kita temukan saat ini.

Mentos Roll
Credit Photo: theflannelaxe.com

Sebagai produk yang yang sangat terkenal, Mentospun mulai beriklan di televisi pada tahun 1976. Semakin berkembangnya Mentos Pabrik van Mellepun dipindahkan ke Breda dan berkembang semakin pesat hingga dapat mengakuisisi beberapa perusahaan confectionery lainnya pada 1980.

Mentos The Freshmaker
Credit Photo: mentos.ca

Era kejayaan Mentos pada tahun 1990 ditandai dengan memperkenalkan kampanye “The Freshmaker” Untuk pertama kalinya. Sepanjang era 90-an ini, Mentos juga mengeluarkan iklan-iklan televisi yang menggambarkan orang yang selalu punya solusi pada tiap masalah. Salah satu iklan yang paling populer adalah tentang seorang wanita yang hak sepatunya patah, kemudian dia mematahkan hak sepatu satunya agar dapat berjalan seimbang.

Iklan Mentos era 90-an
Credit Video: MrClassicAds1990s youtube.com

Permen Mentos di Indonesia

Ekspansi Mentos di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1992, dimana Mentos mendirikan Kantor & Pabrik Van Melle Indonesia bersamaan dengan peresmian Kantor & Pabrik PT Van Melle Indonesia.

Saat ini Mentos di Indonesia berada di bawah naungan Perfetti Van Melle Indonesia. Dimana pada  2001 terjadi akuisisi  seluruh perusahaan van Melle oleh sebuah perusahaan Confectionery Italia Perfetti dan pada 2002 kemudian diresmikan merger antara Van Melle Indonesia dan Perfetti Indonesia menjadi Perfetti Van Melle Indonesia.

Akankah banyak bermunculannya Youtuber yang membuat konten mencampurkan Mentos dengan Coca-Cola akan kembali membawa Mentos ke masa kejayaanya?

Click to comment
To Top