Food

RESEP: Japanese Cotton Cheese Cake

Sayaajarkan – Pada awal kemunculannya di Indonesia, japanese cheese cake sebenarnya tampil hanya sebagai bolu polos yang memiliki citarasa keju. Namun demikian, tekstur yang sangat lembut dari bolu yang satu ini menjadi pembeda dari bolu-bolu lainnya yang ada pada waktu itu. Alhasil dalam waktu singkat kudapan ini menjadi begitu populer di tanah air dan menjadi bolu kekinian dengan sebutan Japanese Cotton Cheese Cake. Di sisi lain banyak pula gerai yang kemudian hadir di mall-mall dengan menawarkan berbagai varian untuk membawa bolu ini pada level selanjutnya.

Nah, kali ini sayaajarkan juga akan membawamu ke level selanjutnya. Kali ini kita akan coba membuat japanese cotton cheese cake sendiri di rumah dengan menggunakan resep yang dikutip dari laman Instagram @livi_591, dimana resep ini akan mengajarkan kamu membuat bolu polos bercita rasa keju dengan tekstur yang sangat lembut. Berikut ini adalah bahan yang harus kamu siapkan dan cara membuatnya.

Japanese Cotton Cheese Cake
Credit Photo: @livi_591 instagram.com

Bahan A:

35 gr butter
140 gr cream cheese
70 gr susu cair
3 kuning telur
1 sdt kulit lemon parut ( optional )
1 sdt ekstrak vanila
40 gr terigu kunci
20 gr maizena

Bahan B:

3 putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdm air lemon
70 gr gula pasir

Cara Membuat:

  1. Masak susu, butter, dan cream cheese di atas panci double hingga mencair, sambil terus diaduk dengan whisk, lalu dinginkan.
  2. Masukkan parutan kulit lemon dan kuning telur, aduk rata.
  3. Ayak terigu dan maizena di atas adonan tadi, aduk rata.
  4. Di wadah lain mixer putih telur, air lemon, garam dan masukkan gula bertahap hingga kaku.
  5. Campurkan adonan putih telur ke kuning telur secara bertahap menggunakan spatula dengan teknik aduk balik.
  6. Tuang ke dalam loyang ukuran 16 yang sudah di alasi kertas roti dan bagian luarnya dibungkus aluminium foil. Panggang dengan teknik au bain marine di suhu 150-160 derajat hingga matang, setelah matang dinginin di dalam oven dengan pintu yang dibuka sedikit kira-kira 20-30 menit

Nah, itu tadi cara membuat japanese cheese cake yang sangat lembut. Ternyata ga susah kan? Jadi kamu masih mau mengantre membelinya atau buat sendiri di rumah? Kalo sayaajarkan sih lebih milih membuat orang mengantre untuk mencicipi japanese cheese cake buatan sayaajarkan.

Click to comment
To Top