Food

RESEP: Roti Jala

Roti Jala

Sayaajarkan – Roti jala adalah roti tipis (adonan yang dipanggang) berbentuk jaring-jaring yang biasanya disajikan bersama dengan masakan kari.

Roti Jala
Credit Photo: @maccby_kitchen instagram.com

Dikutip dari laman instagram @maccby_kitchen, bertikut ini adalah resep roti jala yang dapat kamu contoh untuk membuatnya sendiri di rumah

Bahan-bahan:
300 gr tepung terigu serbaguna
1 butir telur ayam
100 gr margarin (cairkan) atau bisa diganti dengan minyak goreng
500-550 ml air

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan, lalu aduk rata hingga halus dan tidak ada adonan yang bergerindil (tekstur akhir tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer).
  2. Panaskan teflon. Olesi dengan margarin (cukup 1x di awal saja, selanjutnya tidak perlu). Tuang 1sendok sayur adonan ke dalam cetakan botol (botol yang tututpnya telah dilubang-lubangi), lalu cetak melingkar seperti jala atau sarang laba-laba.
  3. Setelah bagian pinggir sedikit mengering, angkat dengan spatula atau sendok.
  4. Lipat hasil ke tengah lalu sisi kanan dan sisi kiri (lakukan hingga semua adonan habis).

Hasil akhir jumlah sangat bergantung pada besar kecilnya ukuran yang kamu buat dan kental atau encer tekstur adonan yang kamu gunakan.

Untuk roti jala yang masih tersisa dan belum tercampur (terkena) dengan makanan pendamping (contoh: kari). Maka kamu dapat meyimpannya dalam wadah kedap udara, dan diletakkan di dalam chiller selama 2 hari (lebih lama dapat mengakibatkanperubahan rasa). Saat ingin menikmatinya kembali, kamu cukup menghangatkannya menggunakan teflon ataupun rice cooker.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top