Info Feed

Olahraga Ekstrim: Keuntungan dan Kekurangannya

olahraga ekstrim, sayaajarkan

Sayaajarkan – Walaupun kelihatannya berbahaya, tapi toh peminat olahraga ekstrim malah makin bertumbuh subur. Salah satu alasannya adalah sensasi adrenalin yang dirasakan. Dan ada juga yang ingin menantang dirinya atau ditantang teman-temannya, maka ia ingin membuktikan bahwa ia BERANI melakukannya.

Snowboarding, selancar air, skydiving, rock climbing, skateboarding dan masih banyak lainnya menawarkan kebebasan fisik dan psikologi diri untuk melakukan sesuatu “keberanian” yang mungkin akan membuat orang/atlit lain “mual”.

Tapi, tentu saja olahraga-olahraga ekstrim ini mempunyai tingkat bahaya yang tinggi diluar olahraga yang tradisional. Maka perlu dipikirkan baik-baik sebelum dilakukan. Mari kita pelajari keuntungan dan kerugiannya.

KEUNTUNGAN

1) Menyenangkan dan Tubuh Bugar

Olahraga ekstrim memberikan latihan yang intens. Banyak dari olahraga ekstrim ini yang mengharuskan untuk menggunakan seluruh tubuh kita, dan hasilnya dapat melatih banyak otot sekaligus.

Olahraga ekstrim juga mendorong batas tubuh kita, jadi sangat cepat dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Ambil contoh, menurut penelitian melakukan skateboarding selama 1 jam, bisa membakar hingga 500 kalori. Sekaligus bisa meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan dan kekuatan otot kita. Menarik bukan?

2) Meremajakan Pikiran

Melakukan olahraga ekstrim benar-benar bisa membersihkan pikiran yang sedang sumpek dan bisa merasa “segar” kembali. Sebagian besar waktu yang kita habiskan dalam kehidupan sehari-hari membawa tekanan yang besar dan tersimpan dalam tubuh kita. Dengan berolahraga ekstrim, kita akan bisa melepaskan energi negatif tersebut keluar.

3) Pengalaman Baru dan Rasa Kebanggaan

Jika kita sedang mencari pengalaman baru dan di saat bersamaan ingin menantang diri sendiri, maka olahraga ekstrim adalah pilihan paling pas. Apalagi jika kita berhasil melakukan dan terpenting mengalahkan rasa takut, ada rasa kebanggaan tersendiri yang bisa sedikit kita pamerkan pada orang lain 🙂

KEKURANGAN

1) BERBAHAYA

Namanya olahraga ekstrim ya pasti berbahaya. Meskipun sekarang ini sudah ada induk organisasi yang memayungi olahraga tersebut dan memberikan peraturan yang ketat termasuk meningkatkan standar keamanannya, tetap saja tidak ada yang bisa menjamin akan berjalan baik seterusnya.

2) Resiko Cedera Lebih Tinggi

Jika kurang hati-hati, besar sekali kemungkinan kita menanggung cedera. Bahkan dalam olahraga ini, tidak boleh ada ruang untuk kesalahan apapun baik dari kita maupun dari ahlinya. Karena tidak hanya cedera yang kita tanggung, namun juga kematian.

3) Mahal

Olahraga ekstrim memang terkenal mahal. Misalnya saja skydiving dan bungee jumping (di lokasi yang populer). Jadi sebelum melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, pastikan kita sudah merencanakan dan mempersiapkan uangnya hingga beberapa bulan sebelumnya.

Gimana? Berani coba?

Click to comment
To Top