Sport

Badminton: Tips Memilih Raket Dengan Tepat

Tips memilih raket badminton. Credit Photo: Wikimedia

Sayaajarkan – Siapa yang tidak kenal permainan badminton atau bulutangkis? Khususnya di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur olahraga ini sangat populer. Dan bahkan sekarang popularitasnya sudah menyebar ke negara-negara lain yang sebelumnya kurang mengenal badminton. Gak kalah populer kok dari olahraga ektsrim sekalipun.

Badminton dengan permainan tunggal atau ganda, dimainkan dengan menggunakan bulu kok atau shuttlecock yang melewati net dengan kecepatan tinggi. Maka sangat penting untuk memilih raket yang tepat sesuai dengan tingkatan kita.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah tips-tips untuk memilihnya.

Gaya Permainan

Kita harus mencari tahu dulu apakah kita adalah seorang pemain penyerang, bertahan atau seimbang keduanya. Jika kita tipe penyerang, maka haruslah mencari raket yang powerful, begitu pula jika kita lebih cenderung bertahan. Jika kita adalah perpaduan keduanya maka harus mencari raket yang seimbang antara power dan control-nya.

Berat Raket

Pada umumnya, raket badminton mempunyai 5 jenis U, dimana semakin tinggi nilai U-nya maka akan semakin ringan pula raket yang digunakan.

U = 95 – 99 gr
2U = 90 – 94 gr
3U = 85 – 89 gr
4U = 80 – 84 gr
5U = 75 – 79 gr

Seperti yang dijelaskan diatas, dengan gaya permainan yang berbeda maka dibutuhkan pula raket yang berbeda.

Jika kita adalah tipe pemain ofensif, senang melakukan pukulan dengan gaya smash atau pukulan yang kuat, maka raket yang cocok adalah yang berukuran 3U – 2U. Karena dengan raket ini kita dapat memukul dengan keras dan tajam.

Jika kita bergaya bertahan yang lebih senang mengandalkan reli-reli panjang dan pukulan yang ringan, maka raket yang cocok adalah yang berukuran 3U-4U. Dengan raket jenis ini, akan lebih ringan dan gesit dalam menangkis serangan dari lawan.

Jika kita mempunyai kombinasi menyerang dan bertahan sama baiknya, maka sebaiknya memilih raket yang berukuran 3U dengan tujuan meningkatkan fleksibilitas kita.

Tips memilih raket badminton.

Sebelum membeli raket, kita harus mencari tahu dulu apakah kita adalah seorang pemain penyerang, bertahan atau seimbang keduanya. Credit Photo: sportsmagonline.co.uk

Titik Keseimbangan Raket

Untuk mengetahui titik keseimbangan ini caranya mudah, ambil raket yang ingin kita beli, hadapkan jari telunjuk kita ke atas dan letakkan batang raket di jari kita. Geser batang raket sampai sudah seimbang di jari kita.

Jika jari kita lebih dekat pada frame / kepala raket, maka raket ini adalah jenis power. Dan sebaliknya jika lebih dekat ke arah pegangan raket, maka ini adalah raket berjenis control.

Sedikit catatan, jika membeli lewat online shop, pastikan berkonsultasi dulu dengan seller-na supaya gak salah beli.

Tingkat Kelenturan Batang Raket

Ada 2 pilihan batang raket yang tersedia, yaitu batang yang kaku atau batang yang fleksibel. Untuk mengetahuinya, peganglah kepala raket dan pegangan raket dan cobalah membengkokkannya secara perlahan dan hati-hati (jangan sampai patah). Selain itu, kita juga bisa melakukan puntiran untuk menguji akurasi dalam penempatan bola kok.

Raket yang kaku bagus digunakan untuk serangan cepat, namun pantulannya kurang saat diayunkan. Sementara raket yang fleksibel sangat baik dalam mengantisipasi serangan smash dari lawan, namun kurang cepat dalam pengembalian bola.

Tips memilih raket badminton.

Dengan memilih raket yang tepat, cara bermain kita pun jadi maksimal. Credit Photo: amazonaws.com

Bahan Raket

Menurut salah satu produsen alat olahraga di Selandia Baru – Hart, jenis yang paling terjangkau adalah yang terbuat dari bahan baja. Raket yang terbuat dari aluminium lebih ringan sementara yang berbahan grafit adalah model yang paling ringan, mempunyai kecepatan lebih dan kontrol yang mantap.

Nah, bagaimana, sudah ada gambaran untuk beli raket yang sesuai sama gaya bemain badminton kamu? Selamat berolahraga ya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top