Info Feed

Mudik Naik Motor? Jangan Lupa Lakukan 9 Hal Ini!

mudik motor

Sayaajarkan – Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Pasti banyak di antara kita yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik Lebaran ke kampung halaman masing-masing.

Buat yang mudik menggunakan sepeda motor, jangan asal tancap gas. Meski sebenarnya mudik naik motor tidak direkomendasikan karena lebih berbahaya, bagi yang mau melakukannya, baca dulu tips berikut ini supaya perjalanan jadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan.

1. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Seriously guys. Cek dulu kesehatan ke dokter atau Puskesmas terdekat. Kalau fit, monggo. Tapi kalau sebaliknya, mending jangan memaksakan diri deh daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di perjalanan nanti.

mudik motor

2. Service Motor Sebelum Berangkat

Mungkin motor kita kelihatan baik-baik saja tanpa masalah. Tapi lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Kalau di jalan nanti saat mudik mogok, malah tambah repot. Buang waktu, buang uang juga buat ke bengkel. Jadi sebelum pergi, mending diservice dulu deh sebentar.

mudik motor

3. Pakai Perlengkapan Rider Lengkap

Kita bakal berjam-jam di jalan. Terpaan angin, dan terik sinar matahari jangan dianggap remeh. Belum lagi risiko (semoga ya tidak bakal) kecelakaan. Pastikan kita memakai helm standar SNI, jaket tebal, sarung tangan, celana jeans, dan sepatu. Safety first!

mudik motor

4. Jangan Bawa Seluruh Keluarga

Sepeda motor itu maksimal ditunggangi dua orang. Jangan membawa istri dan anak-anak di satu motor. Pulang kampung sih pulang kampung, tapi mending dipikirkan juga keselamatan mereka. Jangan diperlakukan bagai atraksi stunt atau sirkus lah.

mudik motor

5. Bawa Bekal Makanan, Minuman dan Obat-Obatan Yang Cukup

Penting banget ini. Pengeluaran untuk bensin selama perjalanan saja kan sudah lumayan. Ada baiknya kita membawa bekal makanan dan minuman yang cukup supaya hemat. Jangan lupa obat-obatan untuk penyakit ringan seperti masuk angin dan sakit kepala. P3K juga.

mudik motor

6. Isi Pulsa dan Kuota Internet HP

Kebutuhan untuk menelpon jika ada sesuatu hal yang darurat harus disiapkan. Harus ada pulsa untuk kita dapat menghubungi orang-orang terdekat kita untuk memberitahu kabar.

Hal penting lainnya adalah kuota internet. Zaman sekarang rasanya sayang kalau kita tak memanfaatkan kecanggihan teknologi. Aplikasi penunjuk jalan macam Google Maps atau Waze bisa membantu kita banget untuk mengetahui situasi perjalanan yang hendak dilalui. Lumayan juga kalo bisa dapat jalur pintas kan? Makanya, biar nanti tidak repot lebih baik memastikan akses internet mobile kita lancar sebelum berangkat.

mudik motor

7. Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Tidak ada yang tahu kebutuhan mendadak dijalanan apalagi dalam kondisi mudik. Ban bocor, motor mogok karena abis bensin atau kerusakan mesin, nyerempet orang, kelaparan dan kehausan di jalan, dan hal lain sebagainya yang tak terduga. Nah, tak semua tempat terdapat ATM bank kita menabung loh. Kadang kalau apes, mencari ATM untuk mengambil uang bisa jadi pekerjaan ekstra. So, sediakan uang tunai secukupnya yang bisa digunakan sewaktu-waktu diperlukan.

mudik motor

8. Jangan Memaksakan Diri

Kalau terasa lelah, buru-buru istiahat. Jangan memaksakan diri. Daripada kecelakaan nantinya. Bukannya Lebaran silaturahmi dengan keluarga malah sebaliknya didatangi oleh keluarga dan teman di makam. Jangan sampai ya.mudik

9. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Jangan ugal-ugalan. Peraturan itu dibuat demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Ingat keluarga di rumah yang masih menunggu.

mudik

Selamat mudik!

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top