Info Feed

4 Tips Melatih Kucing Supaya Tak Buang Air Sembarangan

Tips mengajarkan kucing buang air pada tempatnya.

Sayaajarkan – Memelihara kucing di rumah memang menyenangkan. Mau jenisnya kampung atau ras murni, tingkahnya yang menggemaskan jadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya.

Tapi namanya juga binatang, meski sudah disediakan bak pasir sebagai toilet, kadang ada saja yang bandel buang air atau kencing sembarangan. Menurut pengalaman, biasanya terjadi pada kucing liar yang baru diadopsi, kitten (anak kucing), atau mereka sedang cari perhatian pemiliknya (ya, itu terjadi).

Kucing pada dasarnya hewan yang sangat bersih. Secara insting mereka akan selalu mencari pasir sebagai tempat buang air lalu mengubur kotorannya. Namun ada kalanya tidak demikian, akibat belum mengenal tempat barunya, atau belum hapal dan belum terbiasa dengan lokasi kotak pasir yang kita sediakan.

Jangan khawatir, mereka mudah untuk dilatih kok. Sini saya ajarkan bagaimana caranya supaya kucing peliharaan kita di rumah tidak lagi buang air sembarangan.

Taruh bak pasir di tempat sepi

Kucing lebih suka buang air di tempat yang jauh dari keramaian. Taruh bak pasir di pojok ruangan agar ia merasa nyaman. Meski begitu, pastikan bak pasir tersebut dapat terlihat sehingga dia akan selalu kembali. Juga jangan letakan beraneka barang dekat kotak kotoran tersebut. Khusus kitten, jangan gunakan kotak pasir yang terlalu tinggi. Ini menyebabkan dia susah menggunakannya lalu buang air sembarangan.

Jangan biarkan kotoran menumpuk

Karena kucing sejatinya merupakan hewan yang bersih, dia akan merasa jijik dan tidak mau menggunakan kotak pasir yang penuh dengan kotorannya sendiri lalu buang air di sembarang tempat. Maka rajin-rajinlah membersihkan kotak pasir dan membuang kotoran.

Selain itu, kotoran menumpuk bisa menimbulkan bau tak sedap di rumah dan memperbesar kemungkinan penyakit menyebar dan berkembang biak.

Tips mengajarkan kucing buang air pada tempatnya.

Dengan strategi sedikit. Kucingmu akan paham untuk buang air pada tempatnya. Photo credit: www.englishtaobao.net

Taruh ia di bak pasir

Biasanya kitten akan buang air besar dan kencing tidak lama setelah makan. Kita harus mengajarinya supaya tidak buang air sembarangan. Supaya terbiasa, taruh mereka di kotak pasir di saat-saat tersebut. Ini adalah cara mengenalkan mereka dengan toiletnya.

Kurung bersama bak pasir

Kalau tiga cara sebelumnya gagal, kita juga bisa menggunakan cara ini sebagai jalan terakhir. Kurunglah kucing di sebuah ruangan bersama bak pasirnya. Otomatis dia akan selalu dan terbiasa buang air pada tempatnya. Saat sudah terlatih, kita bisa melepasnya kembali.

Tips mengajarkan kucing buang air pada tempatnya.

Kalau kucingnya belum ngerti, yang sabar ya, jangan lekas menyerah. Photo credit: Masterpet.com

Semoga berhasil, ya! Jangan menyerah.

Click to comment
To Top