Info Feed

Bahasa Asing: Tips Cepat Menguasai Tanpa Kursus

Tips Menguasai Bahasa Asing. Credit Photo: Nepalbuzz.com

Sayaajarkan – Kayaknya keren kalau nggak cuma mengidolakan artis K-Pop aja, tapi juga bisa bahasa Korea. Atau, katanya bahasa Perancis adalah bahasa paling romantis sedunia. Pasti kamu bakal kelihatan lebih romantis saat kencan pertama kalau bisa bahasa Perancis.

Duh, katanya dunia saat ini dan masa depan bakal didominasi oleh bangsa China. Berarti harus belajar bahasa Mandarin, dong! Atau mungkin persoalannya lebih sederhana: bagaimana sih supaya nilai pelajaran Bahasa Inggris bagus?

Saya yakin, kamu pasti ingin bisa menguasai bahasa asing dengan berbagai alasan. Tapi, belajar bahasa memang susah-susah gampang.

Modal dasarnya dua: keteguhan hati dan komitmen untuk terus belajar. Saya punya tips yang pasti berharga buat kamu belajar bahasa asing. Sini saya ajarkan.

Tips Menguasai Bahasa Asing

Semakin banyak bahasa asing yang kita kuasai, semakin luas jangkauan komunikasi kita. Credit Photo: Qriyo.com

Luangkan waktu!

Yang terpenting dalam belajar bahasa asing adalah sejauh mana kamu menghabiskan waktu belajar bahasa asing tersebut. Semakin banyak waktu yang kamu sisihkan buat belajar, semakin cepat kamu menguasainya. Ini berarti kamu harus sering-sering mendengar, membaca, bicara, dan mempelajari kosa kata dan tata bahasanya. Jangan artikan poin ini sekadar belajar di kelas atau tempat kursus. Tapi meluangkan waktu menikmati belajar bahasa itu di mana saja dan kapan saja. Termasuk dengan banyak menonton film atau mendengarkan musik dari bahasa asing yang ingin kamu kuasai.

Fokus pada kosakata dan kalimat

Kuasai kosakata bahasa asing itu. Mulai dengan menghapal setiap kata dan bagaimana kata itu membentuk dalam kalimat. Pelajari kata dan kalimat tersebut dengan cara mendengar dan membaca. Semakin banyak membaca dan mendengar akan semakin banyak kata dan kalimat baru yang kamu ingat. Lakukan perlahan saja. Jangan lupa mempraktekkannya dengan bicara. Jangan takut salah, ya.

Beli buku tata bahasa

Buku ini akan sangat berguna untuk kamu memahami aturan tata bahasa asing itu. Misal, dengan pelajari konjugasi kata kerja, kamu bisa meningkatkan daya belajar hingga sepuluh kali lipat. Cukup pelajari kata dasar dan dari situ kamu dapat menyusun puluhan kalimat. Pelajari satu kerja, konjugasikan dengan benar, maka kamu sudah seperti orang mahir. Pelajari kata ganti orang, kata penghubung, kata depan, maka kamu dapat dengan segera menyusun kalimat yang baik.

Tips Menguasai Bahasa Asing

Setelah belajar, jangan lupa praktekkan karena itu akan sangat membantu kamu untuk menguasainya. Credit Photo: www.fluentin3months.com

Beli kamus kecil atau buku kosakata yang bagus

Garis bawahi kata yang hendak kamu pelajari. Dengan cara ini, kamu mengingatnya. Hapalkan seratus kata kerja dan seribu kata benda secepat mungkin. Mintalah teman menguji kamu. Sesudah menghapalnya, praktekkan kata-kata itu dalam bentuk kalimat.

Rileks dan nikmati proses belajar

Jangan khawatir kalau kamu susah mengingat kata-kata asing, atau kamu tak mengerti artinya, atau kamu sulit mengucapkannya. Kamu kan sedang belajar. Bahasa asing akan semakin terserap dengan sendirinya oleh otak kamu. Hanya waktunya beda untuk masing-masing orang. Tergantung kesungguhan hati untuk belajar terus. Jadi nikmati saja proses belajarnya. Lama-lama kamu akan mengusai bahasa asing tanpa kamu sadari.

Selamat belajar!

Click to comment
To Top