Info Feed

Kopi Instan: Pikirkan 3 Hal Ini Sebelum Mengonsumsi

Bahaya Kopi Instan. Credit Photo: www.cheatsheet.com

Sayaajarkan – Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, sebagian dari kita mungkin tidak bisa lepas dari yang namanya kopi. Entah itu kopi instan atau kopi hasil racikan coffee shop. Rasanya tak lengkap bekerja tanpa ritual ngopi terlebih dahulu.

Ngopi adalah harga mati.. Sayangnya karena keterbatasan uang atau waktu, tak semua orang punya kesempatan untuk membeli kopi asli di coffee shops atau mengolahnya dari biji kopi segar sendiri di rumah.

Terasa agak repot memang dengan kesibukan aneka rupa dan jadwal yang sangat padat. Pilihan pun akhirnya banyak jatuh kepada kopi instan. Selain bagi banyak orang rasanya enak, murah merah, membuatnya juga sangat mudah. Cukup panaskan air, seduh lalu siap disajkan. Berbagai rasa dan merk yang beredar di pasaran pun membuat kita semakin menggandrunginya.

Tapi tahukah kita bahwa sebaiknya jangan mengonsumsi kopi instan dari sachet secara terus menerus? Kurang-kurangi lah.

Loh memangnya kenapa dengan kopi instan? Ngapain susah kalau ada yang mudah? Well, coba deh cek tiga alasan berikut:

Bahaya kopi instan

Meski enak, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi kopi instan. Credit Photo: NowLoss.com

Bahan Pengawet

Supaya tahan lama, tentu banyak zat kimia yang yang terlibat saat pengolahannya. Bahan pengawet dan pemanis buatan tentunya juga tidak baik bagi kesehatan.

Bukan Kopi Asli

Serius, coba cek ingredients-nya, kopi instan tidak mengandung kopi 100% melainkan hanya minuman berperisa kopi. Mana mungkin kopi bagus bisa dijual per sachet dengan harga serendah demikian? Dengan kata lain, manfaat dari kopi asli mungkin tidak kita dapatkan sama sekali saat meminumnya.

Bahaya kopi instan

Kopi sachet-an bisa meningkatkan peluang terkena diabetes, hipertensi, penyakit jantung, insomnia, hingga kanker lho. Credit Photo: motherjones.com

Tidak Mengandung Anti-Oksidan

Tentunya, karena bukan kopi sungguhan, anti-oksidannya pun nihil. Prosen pembuatan kopi instan menghilangkan anti-oksidan yang terdapat dalam kopi. Padahal anti-oksidan mutlak kita butuhkan untuk menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan.

Masih mau minum kopi instan? Boleh saja, tapi jangan berlebihan.. Alangkah baiknya kita tidak malas untuk menyeduh kopi seduhan dari biji kopi asli. Oh ya, jangan lupa perbanyak minum air putih ya.

Jadi bagaimana? Mau pilih sehat atau pilih enaknya saja? Pilihan ada di tangan kita. Ngopi dulu ah.

Referensi:
– https://halosehat.com/minuman/minuman-berbahaya/bahaya-kopi-sachet
– https://majalah.ottencoffee.co.id/5-alasan-untuk-tidak-mengonsumsi-kopi-instan

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top