Info Feed

Anggrek Mati Bisa Dihidupkan Kembali, Simak Tutorialnya!

Anggrek. Credit Photo: Flickr

Sayaajarkan – Tanaman anggrek kamu tampak ‘mati’ dan tidak berbunga? Padahal dulu waktu pertama kali kita membelinya dia masih berbunga dengan indahnya.

Hmm, jangan buru-buru kecewa apalagi membuangnya ke tempat sampah. Siapa tahu masih bisa dihidupkan kembali dan dalam beberapa bulan ke depan bisa kembali berbunga menghiasi pekarangan.

Begini caranya seperti dilansir dari WikiHow. Siapa tahu bercocok tanam masuk ke resolusi 2018 kamu.

Tutorial tanam anggrek. Credit Photo: practicallyfunctional.com

Tutorial ‘hidupkan’ anggrek gak sulit kok, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Credit Photo: practicallyfunctional.com

Langkah awal

Pertama-tama, sediakan pot, media tanam dan pupuk anggrek. Letakkan semuanya di permukaan yang bersih. Kita juga perlu ruangan yang terang yang mendapat banyak sinar matahari langsung dan tidak langsung.

Angkat pelan-pelan anggrek dari pot lamanya lalu uraikan akarnya pelan-pelan. Saat melakukan ini harus hati-hati sekali ya jangan sampai mematahkannya.

Langkah kedua, sediakan mangkuk atau ember besar. Campurkan pupuk sesuai petujuk pada kemasan. Rendam media tanam ke dalam cairan pupuk tadi hingga benar-benar basah.

Masukkan segenggam media tanam tadi ke dalam bagian bawah pot yang baru disediakan. Pastikan terdapat lubang di sisi-sisinya untuk drainase, jangan gunakan pot yang hanya memiliki lubang di bawah untuk tanaman anggrek kita.

Masukkan akar pelan-pelan ke dalam pot lalu susun media tanam sehingga mengelilinginya. Bagian tengahnya usahakan sejajar dan sedikit lebih rendah dari tepian pot. Tekan media tanam hingga menutupi semua celah udara.

Tutorial tanam anggrek.

Jagalah supaya tetap lembab. Bisa dilakukan dengan menaruh pot di atas piring ceper berisi air. Credit Photo: agrowindo.com

Tongkat penyokong berat

Pasang tongkat penyokong berat di bagian atas untuk menjaga tanaman tetap tegak. Media tanam tidak bisa menahannya. Siram dari atas hingga airnya mengalir keluar ke bagian bawah pot.

Letakkan tanaman anggrek yang sudah siap itu di tempat terang. Tapi ingat, jangan sampai terkena sinar matahari langsung selama seminggu.

Jangan diutak-atik

Jangan utak-atik kecuali sedang memeriksa kelembaban, ya! Anggrek tidak bisa tumbuh bila dipindah-pindah, jadi pilihlah tempat yang permanen.

Tumbuhnya pun lambat, jadi harap sabar. Bila sebelumnya hanya punya satu daun, mungkin perlu waktu 6 sampai 12 bulan sebelum dia berbunga.

Well, tak ada ruginya berusaha. Selamat mencoba! Beritahu kami kalau ada tips tips seru lain seputar anggrek ya!

Click to comment
To Top