Info Feed

Hewan Peliharaan: Tips dan Tutorial Mandikan Kucing

Tips memandikan hewan peliharaan kucing. Credit Photo: simpsonspremium.comTips memandikan hewan peliharaan kucing. Credit Photo: simpsonspremium.com

Sayaajarkan – Kucing secara alami adalah hewan yang bersih. Hewan peliharaan yang satu ini rajin merawat dirinya sendiri. Pernah melihat meong kesayangan menjilati bulu dan cakarnya kan? Nah itu cara dia mandi.

Sebagai pemilik hewan peliharaan yang baik, tak cukup melatihnya supaya tidak buang air sembarangan, ada kalanya juga kita harus memandikan kucing peliharaan kita. Tak perlu sering-sering, hanya saat si pus terlihat kotor atau mulai bau tak sedap.

Mungkin ada banyak tutorial memandikan kucing bertebaran di internet. Tapi sini saya ajarkan cara termudah berdasarkan pengalaman pribadi, dan yang tersedikit mendapatkan perlawanan.

Tips memandikan hewan pelihaaan kucing.

Ciptakan suasana yang santai untuk kucing kamu, memaksanya mandi hingga stres, hanya akan menimbulkan perlawanan semata. Credit Photo: animalmascota.com

Sebelum memandikan salah satu hewan peliharaan terlucu ini, ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan:

Timing

Kucing bisa panik melihat kita membawanya ke kamar mandi, apalagi mengguyurnya dengan air. Untuk itu perhatikanlah kapan saat dia paling kalem (biasanya setelah makan). Mengajaknya main di ember dengan mainan kesayangannya juga bisa mengurangi rasa takut si kucing.

Potong kuku kucing

Demi menghindari tercakar dan lain sebagainya, potong kuku kucing kesayangan kita sebelum mandi. Memotong kuku kucing bisa jadi juga bukan pekerjaan mudah, lakukanlah sambil melakukan poin nomor tiga di bawah.

Sisir bulu kucing

Sisirlah bulu atau rambut kucing sebelum mandi agar bulu rontok berkurang. Hal ini juga bisa membantu membersihkan kotoran kering yang nanti akan menyulitkan untuk dibersihkan.

Keset karet

Taruh keset karet di tempat kita mandikan kucing. Fungsinya supaya dia bisa jejak dan tidak terpeleset. Saat mandi kemungkinan besar kucing akan memcoba lari. Alas ini bisa membantu kita menahannya.

Shampo khusus kucing

Gunakan shampo khusus kucing, jangan menggunakan shampo manusia apalagi shampo hewan peeliharaan lain seperti anjing. Pilih shampo kucing sesuai kebutuhan. Bila kucing dalam keadaan normal, pilih shampo yang mild atau lembut. Atau bila dia berkutu, pilihlah pembasmi kutu.

Tips: Kucing takut air jadi jangan kasar. Perlakukanlah dia dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Tips memandikan hewan peliharaan kucing

Saat kita memandikan kucing, jangan grogi, kucing bisa mendeteksi ketakutan kita dan dia akan ikut merasa takut. Credit Photo: hanrob.com.au

Oke, sudah siap? Yuk kita mulai!

Basahi kucing

Siapkan satu ember berisi air suam-suam kuku (tidak dingin, tidak panas) yang telah dilarutkan shampo secukupnya hingga berbusa.

Gunakan tangan kosong untuk menciduk air lalu basuh dan gosok seluruh tubuh kucing dengan lembut dari belakang supaya dia tidak melihat air yang kita bawa. Buatlah kucing tidak sadar sedang diguyur air. Jangan mengguyurnya langsung, apalagi di muka kalau tidak mau kekacauan terjadi.

Tips: Mandikan kucing di pojok kamar mandi tertutup supaya dia tidak gampang lari.

Membilas busa

Setelah tubuh kucing sudah rata kita basuh dengan air bershampo tadi, kini giliran kita membilasnya hingga bersih. Caranya sama seperti di atas tapi mungkin agak lama. Yang sabar ya!

Mengeringkan

Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh kucing. Tapi tak perlu sampai kering sekali, karena kucing biasanya akan menolak dan dia akan menjilati bulunya hingga kering. Jangan lupa membersihkan telinganya juga ya.

Gimana, tidak terlalu sulit bukan memandikan kucing? Selamat mencoba!

Click to comment
To Top